Pembagian sembako itu juga bagian dari pemberdayaan perusahaan bagi mitra binaan
Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kalimantan Timur menyalurkan 5.500 paket sembako untuk membantu masyarakat  kurang mampu di Kota Bontang, Kaltim, di tengah pandemi COVID-19.

"Paket sembako terdiri atas 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 boks kue kering, mie instan, serta makanan ringan. Total bantuan senilai Rp1,16 miliar," ujar Manajer CSR Pupuk Kaltim Fakhri Husaini dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Pupuk Kaltim salurkan ratusan paket sembako Ramadhan pada mitra kerja

Di samping meringankan beban masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1441 Hijriah, lanjut dia, pembagian sembako itu juga bagian dari pemberdayaan perusahaan bagi mitra binaan, khususnya untuk pengadaan paket sembako dan makanan, kemasan hingga distribusi.

Dengan begitu, menurut dia, perekonomian dan usaha mitra binaan tetap berjalan di tengah pandemi COVID-19.

"Termasuk pengadaan tas sembako dan goody bag, turut memberdayakan mitra binaan dari kelompok penjahit, sebagai upaya perusahaan mengampanyekan pengurangan sampah plastik sekali pakai," ucapnya.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni mengapresiasi kepedulian Pupuk Kaltim bagi masyarakat melalui berbagai bantuan yang rutin disalurkan secara bertahap.

Ia menilai bantuan ini tak hanya sekadar perhatian bagi masyarakat kurang mampu, namun juga upaya pemulihan ekonomi UMKM dari mitra binaan melalui pemberdayaan pengadaan bahan bantuan.

"Apalagi di tengah kondisi pandemi, semua sektor usaha terimbas. Semoga ini terus ditingkatkan dan keberadaan Pupuk Kaltim makin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Neni.

Salah satu penerima bantuan dari Kelurahan Api-api Bontang Utara, Ketang (63) mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhannya di tengah penghasilan dari hasil kebun tak cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

Hal senada juga disampaikan Riyatno (51) warga Kelurahan Loktuan, mengaku rutin menerima bantuan Pupuk Kaltim saat Ramadhan, terlebih menjelang Idul Fitri dengan kebutuhan pokok yang semakin meningkat.

"Saya hanya tukang sol sepatu, penghasilan tidak menentu. Ditambah lagi corona, makin sulit bagi kami untuk memenuhi kebutuhan harian, semoga menjadi berkah bagi perusahaan," ucapnya.

Bantuan paket sembako diserahkan secara simbolis oleh Fakhri Husaini bersama Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni kepada perwakilan masyarakat. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Pupuk Kaltim saat Ramadhan.

Penerima bantuan berdasarkan data dan rekomendasi dari Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bontang. Paket sembako disalurkan ke masyarakat kurang mampu di 15 kelurahan Kota Bontang.

Yaitu kelurahan Loktuan, Guntung, Bontang Kuala, Kanaan, Api-Api, Gunung Elai, Tanjung Laut, Tanjung Laut Indah, Belimbing, Telihan, Satimpo, Berbas Tengah, Berbas Pantai, Bontang Baru dan Bontang Lestari.

Paket sembako juga disalurkan untuk warga pesisir Bontang, yaitu Malahing, Selangan, Tihi-tihi, Teluk Kadere, Salantuko dan Lok Tunggul.

Baca juga: Pupuk Kaltim berikan bantuan APD dan makanan untuk petugas medis
Baca juga: Anak perusahan Pupuk Kaltim pengapalan perdana 2001,74 ton CPO

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020