Yang tidak kalah pentingnya yaitu memberikan dukungan pelayanan medis terutama memastikan ketersediaan APD bagi tenaga kesehatan.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai dukungan program Gerakan Kurva Landai Gugus Tugas yang melibatkan kepedulian semua orang untuk tidak tertular dan menulari virus SARS-Cov_2 atau corona jenis baru.

Deputi Industri dan Investasi Kemenparekraf Fadjar Utomo saat menyerahkan langsung APD yang diterima Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Rustian di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa, menjelaskan gerakan tersebut perlu mendapat dukungan penuh untuk meningkatkan kepedulian bersama.

Baca juga: Kemenparekraf ajak wisatawan berwisata kopi di Jakarta secara virtual

Dukungan tersebut dapat berupa mengubah perilaku dan kesadaran untuk melaksanakan anjuran protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, menggunakan masker, dan menjaga imunitas tubuh.

"Yang tidak kalah pentingnya yaitu memberikan dukungan pelayanan medis terutama memastikan ketersediaan APD bagi tenaga kesehatan," katanya.

Bantuan APD dari Kemenparekraf berupa 4.000 hazmat, 4.000 safety goggle, 4.000 face shield, 4.000 masker, 4.000 nurse cap, 4.000 gloves, dan 4.000 boots.

Fadjar Hutomo mengatakan, dukungan bantuan ini merupakan langkah nyata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam membantu tenaga kesehatan dan memberikan dukungan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Ucapan terima kasih pula kepada BNPB karena telah menerima bantuan dan akan membantu dalam mendistribusikannya kepada para tenaga kesehatan.

"Kita harus tahu dan paham bahwa satu-satunya cara untuk melandaikan kurva adalah memastikan bahwa kita tidak menularkan virus dan orang lain tidak menularkannya kepada kita dengan mengubah perilaku. Insyaalah dalam waktu dekat ini, Kemenparekraf masih akan memberikan dukungan APD yang lebih lengkap," kata Fadjar.

Baca juga: Kemenparekraf bagikan 100.000 masker kain untuk pelaku parekraf

Kemenparekraf sebelumnya telah berkomitmen untuk mendukung dalam mencegah penyebaran COVID-19. Berbagai upaya telah dilakukan, di antaranya dengan mendukung pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dengan sejumlah program stimulus, di sisi lain juga memberikan bantuan alat-alat kesehatan.

“Tenaga kesehatan berada di garda terdepan dalam perang melawan wabah ini, mereka berdedikasi tinggi dan ikhlas mempertaruhkan nyawa dan meninggalkan keluarga untuk menolong pasien positif COVID-19, maka selayaknya kita dukung dengan menyiapkan akomodasi dan alat-alat kesehatan agar mereka dapat bekerja dengan aman dan tenang,” ujar Fadjar Utomo.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020