Jakarta (ANTARA) - Pada Ramadhan tahun ini, bukan cuma dahaga dan lapar yang perlu ditahan, tetapi juga nafsu untuk mengeluarkan uang demi hal yang bukan prioritas.

Demi mencegah kerugian finansial lebih besar pada masa mendatang, simak kiat mengatur keuangan selama Ramadhan di tengah pandemi berikut ini, seperti dikutip dari siaran resmi asuransi Astra, Selasa.

Buat anggaran dan dana belanja persiapan lebaran

Tahun ini pemerintah mengimbau agar masyarakat tidak mudik.

Namun, bukan berarti Anda tak dapat melakukan persiapan lebaran sama sekali. Justru pada bulan Ramadhan tahun ini diskon akan bertebaran di berbagai toko daring maupun luring untuk menarik perhatian pembeli secepat-cepatnya.

Baca juga: Generasi milenial habiskan lebih banyak uang untuk ngopi?

Baca juga: Generasi milenial cenderung boros, ini tips berhemat


Buat anggaran khusus untuk membeli kebutuhan pokok selama satu bulan. Kemudian, buatlah daftar belanja.

Bagi daftar belanjaan tersebut menjadi dua bagian yaitu belanja mingguan seperti sayur-sayuran, lauk-pauk, dan buah-buahan dan belanja bulanan seperti beras, minyak goreng, gula hingga kopi.

Setelah membuat daftar belanja selama sebulan, tentukan anggaran agar Anda membeli sesuai kebutuhan meski nantinya diserbu banyak tawaran diskon yang menggiurkan.

Strategi ini terkesan sederhana namun sangat efektif untuk mengetahui kebutuhan hidup selama masa pembatasan sosial. Anda bisa belajar untuk tidak impulsif saat berbelanja ketika sudah terbiasa membuat daftar barang yang penting untuk dibeli.

Baca juga: Cara keluar dari generasi sandwich

Baca juga: Lima cara atur keuangan saat puasa di tengah COVID-19

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020