Jakarta (ANTARA) - Mark Hamill merasa waktunya sebagai tokoh Luke Skywalker di semesta "Star Wars" telah berakhir.

Hamill pertama kali masuk ke dunia fiksi itu dalam debut "Star Wars" tahun 1977 yang diciptakan oleh George Lucas. Film tersebut melejitkan nama Mark Hamill sebagai bintang yang populer.

Aktor veteran itu mengatakan kepada EW alasannya mengucapkan selamat tinggal terhadap karakter ikonik, namun ia tetap tak sabar melihat masa depan dari kisah Star Wars.

"Oh, aku tak bisa membayangkannya, tidak," kata Hamill saat ditanya apakah dia mau bermain lagi di film Star Wars mendatang bila situasi memungkinkan.

Baca juga: Mark Hamill: Star Wars pelarian sempurna di masa kegelapan

Baca juga: Mark Hamill pilih Jar Jar Binks ketimbang Jabba the Hutt


"Aku sudah punya awal, pertengahan dan akhir. Film itu memberikanku jauh lebih banyak dari yang kuharapkan saat kita memulainya, jadi aku tak bahkan tak pernah membayangkannya. Perpisahanku di Episode IX terasa pahit dan manis."

Hamill mengatakan masih banyak cerita yang bisa dikisahkan dan banyak aktor lain yang bisa terlibat, bukan hanya dirinya.

Meski petualangan Luke Skywalker sudah berakhir untuk Hamill, dia masih menyaksikan kisah Star Wars. Mark Hamill memuji serial "The Mandalorian" yang tayang di Disney+.

Disney telah mengonfirmasi serial di layanan Disney Plus, "The Mandalorian" untuk mengudara dengan musim ketiga, tak lama setelah musim keduanya yang akan tayang Oktober.

Baru-baru ini dikonfirmasi bahwa Taika Waititi tidak akan kembali untuk mengarahkan episode apa pun, setelah karyanya pada musim pertama. Sementara, Favreau akan menyutradarai sebuah episode bersama Carl Weathers.

Dalam hal para pemain, Pedro Pascal yang memainkan peran utama akan kembali ke musim kedua, bersama Gina Carano, Carl Weathers dan Taika Waititi, yang menyuarakan robot IG-88.

Ada dua seri spin-off "Star Wars" lainnya dalam karya-karya Disney Plus, termasuk seri prekuel "Obi-Wan Kenobi" yang dibintangi Ewan McGregor.

Ada pula seri spin-off lainnya dari fim "Rogue One", yang ,menceritakan Cassian Andor, dengan Diego Luna sebagai peran utama bersama Stellan Skarsgård dan Kyle Soller.

Baca juga: Luke Skywalker akan kembali hadir di "Star Wars: Episode IX"

Baca juga: Urutan sempurna nonton Star Wars versi Mark Hamill

Baca juga: Mark Hamill dan penggemar peringati setahun kematian Carrie Fisher

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020