Semua bantuan dibeli dari pembudi daya serta UMKM pengolahan ikan
Jakarta (ANTARA) - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyalurkan bantuan 3.200 paket ikan bermutu untuk warga terdampak COVID-19 di wilayah Jambi dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Keterangan resmi BKIPM di Jakarta, Selasa menyampaikan pelaksanaan kegiatan pembagian ikan di Jambi dimulai sejak Senin (11/5/2020) hingga Jumat (15/5/2020).

Baca juga: KKP bagikan nasi ikan untuk tingkatkan imunitas tangkal COVID-19

Bantuan itu terdiri atas 3.000 kg ikan lele, 300 kg ikan patin, 300 kg kerupuk ikan dan 1.500 kaleng ikan sarden. Semua bantuan dibeli dari pembudi daya serta UMKM pengolahan ikan.

Penyerahan paket bantuan dilakukan secara simbolis oleh Kepala BKIPM Jambi Ade Samsudin kepada Gubernur Jambi Fachrori Umar.

"Pembagian paket didasarkan pada daftar penerima bantuan dari Tim DPD Jambi. Datanya sampai ke tingkat RT," kata Ade.

Rencananya, bantuan ini akan dibagi dalam 1.500 paket untuk masyarakat terdampak COVID-19. Selain itu, sebanyak 150 kg ikan patin akan diserahkan ke RSUD Mattaher dan 150 kg patin ke RSUD Abdul Manap di Kota Jambi untuk tenaga medis.

Sementara di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), penyerahan bantuan berlangsung di rumah dinas Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Penyerahan secara simbolis diwakili oleh Kepala BKIPM Makassar Sitti Chadidjah.

"Kami mengapresiasi BKIPM Makassar yang senantiasa mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sulsel dalam memfasilitasi kelancaran produk perikanan yang salah satunya adalah kebijakan direct call (ekspor langsung) dari Sulsel yang telah berhasil memangkas waktu perjalanan ekspor lebih dari 10 hari dan menghemat biaya kontainer," kata Nurdin.

Sementara itu, Sitti menyebutkan total bantuan di Sulsel sebanyak 1.700 paket. Rencananya, akan didistribusikan ke masyarakat terdampak seperti nelayan, serta tenaga medis di kota Makassar.

"Bantuan ikan juga diberikan ke Kabupaten Bone, Kabupaten Maros dan Kabupaten Bantaeng," katanya.

Selain bantuan ikan, juga terdapat 666 paket sembako yang berasal dari CSR pelaku usaha perikanan Sulawesi Selatan.

Baca juga: KKP distribusikan 136 ton bantuan pakan ikan ke pembudi daya
Baca juga: Pandemi, KKP dorong sistem minapadi jaga pasokan ikan air tawar

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020