PMI dan Telkomsel manfaatkan teknologi kerja sama tangani COVID-19

PMI dan Telkomsel manfaatkan teknologi kerja sama tangani COVID-19

Tampilan FleetSight dari telepon pintar solusi pengelolaan armada kendaraan dan digunakan untuk program pencegahan COVID-19. ANTARA/HO-Humas PMI

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Telkomsel dalam hal percepatan penanganan COVID-19 dengan memanfaatkan teknologi dari operator seluler terbesar di Indonesia tersebut.

"Kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen dan kolaborasi pihak korporasi untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam upaya penanganan COVID-19," kata Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Gugas Batam catat 44 pasien positif COVID-19

Pada program operasi penanganan dan pencegahan COVID-19 yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya untuk menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS) dan Asset Performance Management (APM).

Telkomsel akan membantu PMI untuk tetap dapat menerapkan pembatasan fisik dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu plasma darah pada program penanggulangan COVID-19.

Baca juga: Evaluasi PSBB Jabar tunjukkan hasil positif

Eks Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabinet Kerja tersebut menilai peran teknologi membantu masyarakat dan lembaga tertentu dalam melakukan pencegahan virus corona.

"Dengan adanya teknologi ini diharapkan bisa membantu PMI terutama dalam manajemen kendaraan dan manajemen kegiatan operasional," katanya.

Baca juga: Wakil rakyat: Pelonggaran PSBB jangan tentang aturan daerah

Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia terutama ketika pembatasan fisik diperlukan sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan.

Pada operasi penanganan dan pencegahan COVID-19, Telkomsel berperan dalam menyediakan layanan IoT FleetSight dan TOMS untuk menjalankan fungsi kontrol terhadap sekitar armada kendaraan PMI.

Layanan APM disediakan untuk memonitor suhu kotak berisi plasma darah yang dikirimkan dari Unit Donor Darah (UDD) PMI ke rumah sakit di wilayah Jabodetabek. Penyediaan solusi meliputi pemberian perangkat yang dibutuhkan, lisensi aplikasi FleetSight, TOMS dan APM serta konektivitas data yang digunakan untuk mengakses aplikasi.

Telkomsel FleetSight adalah solusi pengelolaan armada kendaraan dan digunakan untuk melakukan pengawasan terhadap 30 truk tangki yang digunakan dalam program pencegahan COVID-19. Dalam implementasinya, solusi tersebut akan merekam informasi seperti pilihan rute, jam operasional, perilaku mengemudi, hingga kecepatan dan menampilkannya dalam bentuk insight maupun data.

Selanjutnya, layanan TOMS adalah solusi pengelolaan aktivitas operasional yang akan dimanfaatkan untuk memantau setiap kendaraan yang digunakan oleh PMI untuk penyemprotan disinfektan di wilayah-wilayah tertentu dan melaporkan aktivitas.

Terakhir APM adalah solusi pengelolaan aset dan digunakan untuk memantau real-time suhu kotak berisi plasma darah yang dikirimkan dari UDD PMI ke rumah sakit yang tersebar di Jabodetabek

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

JK akan tambah peralatan plasma darah di Kalsel

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar