Selanjutnya setelah tiba di Tanah Air akan menjalani protokol kesehatan
Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan membawa kembali 29 warga negara Indonesia dari Republik Fiji, usai mengangkut 12,9 ton bantuan kemanusiaan bagi korban topan Harold di negara itu.

Bantuan kemanusiaan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat C-130HS Hercules nomor registrasi A-1318 dari Skuadron Udara 31 TNI AU pada Rabu (13/5) pukul 05.00 WIB, diperkirakan akan tiba di Fiji pada Kamis (14/5) pukul 22.00 waktu setempat.

"Pada Jumat (15/5), pesawat Hercules berangkat kembali menuju Tanah Air dengan membawa 29 WNI dari Fiji," kata Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, usai upacara pemberangkatan bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia kepada pemerintah Republik Fiji, di Base Ops Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa.

Baca juga: TNI kirim 12,9 ton bantuan kepada korban topan Harold di Fiji

WNI yang ikut kembali ke Tanah Air, kata dia, dipastikan telah melakukan rapid test Covid-19. "Selanjutnya setelah tiba di Tanah Air akan menjalani protokol kesehatan," ujarnya.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan kepada masyarakat Fiji itu berupa bahan-bahan makanan dan minuman serta beberapa barang lainnya, seperti tenda peleton, tenda regu, handuk, dan selimut.

Bantuan itu juga menjadi kelanjutan bantuan pemerintah Indonesia yang telah disampaikan melalui Kedutaan Besar Indonesia di Suva, Fiji,  beberapa waktu yang lalu.

"Meskipun Indonesia saat ini mengalami masa sulit akibat pandemik Covid-19, tetapi tidak mengurangi semangat kemanusiaan kita untuk memberikan bantuan kepada rakyat Fiji yang mengalami bencana berlipat ganda," katanya, dalam keterangan pers, yang diterima di Jakarta.

Baca juga: Indonesia beri bantuan untuk korban topan Harold di Fiji

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020