Sepak Bola Dunia

Portugal, Ceko umumkan kembalinya liga, Austria dapat lamput hijau

Portugal, Ceko umumkan kembalinya liga, Austria dapat lamput hijau

Foto ilustrasi: Bek FC Porto Alex Telles merayakan gol yang dia ciptakan dalam pertandingan Liga Portugal antara FC Porto dan Portimonense SC di Stadion Dragao di Porto pada 23 Februari 2020. (AFP/MIGUEL RIOPA)

Jakarta (ANTARA) - Portugal dan Ceko jadi negara berikutnya yang mengumumkan tanggal kembalinya kasta tertinggi liga sepak bola mereka, sementara Austria mendapat lampu hijau untuk melakukan hal serupa dari pemerintahnya.

Operator liga lewat pengumuman resmi yang dikutip Reuters, Rabu dini hari WIB, mengkonfirmasi Liga Primeira Portugal akan memulai kembali sisa pertandingan musim 2019/20 pada 4 Juni setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19.

Pemerintah Portugal sebetulnya memberi izin agar kompetisi olahraga di negaranya dilanjutkan kembali pada 30 Mei, tetapi operator memilih tanggal 4 Juni guna memberi kesempatan stadion diperiksa ulang dan seluruh pemain menjalani tes COVID-19.

Klasemen Liga Primeira sebelum penangguhan memperlihatkan Porto memimpin satu poin di atas Benfica dengan kompetisi menyisakan 10 pertandingan untuk dijalani.

Baca juga: Liga Portugal bisa dilanjutkan 30 Mei kata Perdana Menteri

Sementara itu di Ceko, dua kasta tertinggi liga sepak bola mereka akan mulai dilanjutkan kembali pada 23 Mei setelah tercapai kesepakatan di antara klub-klub peserta untuk memperpanjang durasi musim.

Otoritas kesehatan publik Ceko akan memantau langsung setiap pertandingan dan setiap orang yang terlibat bakal dikarantina jika didapati positif terjangkit COVID-19. Laporan lain dari seznamzpravy.cz menyebut ada kemungkinan seluruh skuat sebuah tim bakal dikarantina jika itu terjadi.

Rencananya tiap tim akan main dua kali per pekan dengan target musim 2019/20 rampung pada 18 Juli, sedangkan kontrak pemain yang berakhir Juni bakal berlaku hingga musim berakhir.

Di Liga Utama Ceko juara bertahan Slavia Praha saat ini memimpin dengan keunggulan delapan poin atas Viktoria Plzen dengan sisa enam pertandingan.

Baca juga: Nasib kelanjutan Liga Austria 2019/20 terbentur aturan pemerintah

Sedangkan di Austria, pemerintah setempat memberikan lampu hijau kepada operator liga untuk melanjutkan kompetisi musim 2019/20 tetapi semua pertandingan bakal digelar tanpa penonton.

Tim-tim Bundesliga Austria sudah diperbolehkan berlatih sejak 20 April dengan para pemain bekerja dalam kelompok kecil, tetapi pemerintah awalnya mengatur agar jika salah seorang pemain didapati positif tertular COVID-19 maka seluruh skuat harus dikarantina selama 14 hari.

Belakangan operator sukses menegosiasi hal itu dan pemerintah sepakat karantina nantinya hanya akan berlaku bagi pemain atau staf yang positif terjangkit COVID-19, sedangkan sisa skuat diperbolehkan tetap berlatih.

Dengan perubahan tersebut, kini tim-tim Austria sudah diperbolehkan berlatih secara penuh di fasilitas mereka pada mulai Jumat (15/5).

Operator Bundesliga Austria akan menggelar rapat virtual dengan klub-klub peserta pada Rabu waktu setempat untuk membicarakan rencana kapan kompetisi bisa kembali dilanjutkan dan jadwal sisa pertandingan.

Baca juga: Maskot Cologne tak hadir saat Bundesliga kembali digelar
Baca juga: Mentalitas Jerman di balik lanjutnya lagi Bundesliga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar