Ada penambahan 12 orang pasien positif COVID-19 di NTT berdasarkan hasil pemeriksaan "swab" di Kupang dan Jakarta,
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Dominikus Minggu Mere menyebutkan ada penambahan sebanyak 12 orang pasien positif COVID-19 sehingga totalnya warga yang positif COVID-19 di daerah ini telah menembus 30 orang.

"Ada penambahan 12 orang pasien positif COVID-19 di NTT berdasarkan hasil pemeriksaan 'swab' di Kupang dan Jakarta," katanya didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan berdasarkan pemeriksaan laboratorium biologi molekuler polymerase chain reaction (PCR) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr.W.Z.Johannes Kupang terhadap 92 spesimen swab yang diperiksa pada Selasa (13/5/2020) diketahui ada 11 swab positif COVID-19.

Ia merincikan hasil pemeriksaan swab dari pasien rujukan RSUD Komodo, Kabupaten Manggarai Barat diketahui terdapat sembilan sampel swab positif COVID-19 dari kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Dengan bertambahnya sembilan pasien positif COVID-19 di Kabupaten Manggarai Barat di ujung barat pulau Flores itu, kata dia, maka daerah itu memiliki 11 orang pasien positif COVID-19 yang merupakan peserta ijtima Gowa, Sulawesi Selatan.

Dominikus mengatakan satu pasien positif COVID-19 juga ditemukan dari swab pasien rujukan dari RSUD Ende yang juga merupakan kluster Gowa, Sulawesi Selatan.

Ia mengatakan satu pasien positif COVID-19 lainnya merupakan rujukan dari RSUD Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan yang merupakan transmisi lokal.

"Dengan demikian di wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan terdapat dua pasien positif COVID-19," katanya.

Sementara itu berdasarkan hasil pemeriksaan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jakarta diketahui ada satu pasien positif COVID-19 di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba yang merupakan kluster baru, yaitu dari salah satu lembaga pendidikan di Grogol, Jakarta.

"Sampai saat ini sudah 30 orang pasien positif COVID-19 di NTT,dua di antaranya sembuh dan satu meninggal dunia," kata Dominikus Minggu Mere.

Baca juga: Gugus Tugas: Kasus transmisi lokal positif COVID-19 ditemukan di NTT

Baca juga: Ratusan sampel 'swab' di NTT segera diperiksa di RSUD Prof. Johannes

Baca juga: Pasien positif COVID-19 di NTT tersebar di Manggarai Barat dan Kupang

Baca juga: Satu pasien PDP COVID-19 di Labuan Bajo meninggal

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020