mereka sebelumnya ada yang menjalani karantina
Temanggung (ANTARA) - Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, hari ini bertambah 10 orang dan sembuh 5 orang sehingga total ada 38 pasien yang masih menjalani perawatan di RSUD Kabupaten Temanggung.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Temanggung Gotri Wijianto di Temanggung, Rabu, menyebutkan tambahan 10 orang positif COVID-19 tersebut, yakni 5 orang dari klaster Gowa dan 5 orang adalah kontak eratnya.

"Mereka sebelumnya ada yang menjalani karantina di BLK Temanggung dan ada yang karantina mandiri di rumah," katanya.

Menurut Gotri, klaster yang menyumbang signifikan adalah klaster Gowa, kemudian klaster ABK Brazil, sedangkan lainnya kontak eratnya tidak berkembang lagi. Untuk klaster Gowa dan ABK Brazil kontak eratnya terus dilakukan pelacakan sampai dengan hari ini .

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Temanggung karantina 30 warga di BLK
Baca juga: DPRD Temanggung setujui anggaran Rp84,1 miliar penanganan COVID-19


Ia menuturkan dalam dua hari terakhir ini sudah dilaksanakan rapid test (tes cepat) terhadap 407 orang dengan hasil 80 orang reaktif.

Gotri menyampaikan, dari 80 orang yang hasil tes cepatnya reaktif tersebut posisi sekarang masih ada di rumah dan akan segera dikarantina di Gedung Pemuda dan BLK Temanggung, kemudian akan dilakukan tes swab secepatnya.

Mengingat penambahan kasus positif COVID-19 ini begitu masif, katanya, maka mari bersama-sama sadar diri untuk mendisiplinkan protokol kesehatan.

"Jangan lupa memakai masker saat keluar rumah, selalu jaga jarak atau hindari kerumunan, tidak usah keluar kalau tidak ada keperluan penting, dan sering mencuci tangan dengan sabun," katanya. 

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Temanggung lakukan "screening" ratusan santri
Baca juga: 21 peserta ijtimak ulama dikarantina di BLK Temanggung
Baca juga: Polres Temanggung bentuk Kampung Siaga COVID-19 di 7 kelurahan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020