ACT ajak masyarakat berzakat bantu penuhi kebutuhan pangan warga

ACT ajak masyarakat berzakat bantu penuhi kebutuhan pangan warga

Seorang mustahik, penerima zakat, menerima bantuan dari dana zakar masyarakat yang disalurkan melalui ACT di Jakarta, Rabu (13/5/2020). (Humas ACT)

masyarakat miskin bertambah secara signifikan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak umat Islam untuk memanfaatkan 10 hari terakhir Ramadhan untuk menyalurkan zakat melalui www.IndonesiaDermawan.id guna membantu meringankan beban masyarakat akibat dampak wabah COVID-19.

"Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap tetap membuka kesempatan beramal seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin memanfaatkan momen istimewa di bulan Ramadhan," kata Vice President ACT Hafit Timor Mas’ud melalui keterangan pers ACT yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 telah menyebabkan krisis dan jutaan orang jatuh miskin akibat dampak yang ditimbulkan di berbagai lini kehidupan, baik krisis dalam hal kesehatan, sosial hingga ekonomi.

Jutaan masyarakat, saat ini membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, termasuk juga masyarakat yang lebih mampu.

Oleh karena itu, memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, ACT mengajak masyarakat yang lebih mampu untuk meningkatkan amal ibadah mereka, termasuk menyalurkan zakat, guna mendapatkan pahala sebesar-besarnya di bulan suci ini.

"Meskipun aktivitas di luar rumah terhambat ataupun keuangan tersendat akibat pandemi COVID-19, kewajiban zakat tidak bisa diabaikan," katanya.

Untuk itu, Global Zakat ACT mengajak masyarakat untuk menyalurkan zakat mereka melalui www.IndonesiaDermawan.id.

Baca juga: Global Zakat-ACT bantu guru honorer dan ustad terdampak pandemi corona

Baca juga: ACT luncurkan gerakan "Satu Bantu Satu" atasi kekurangan pangan


"Saat ini, masyarakat miskin bertambah secara signifikan karena dampak multikrisis akibat COVID-19. Jutaan saudara sebangsa menantikan kepedulian kita untuk sekadar mengisi perutnya di hari raya. Saatnya kita punya andil dalam menyelamatkan saudara sebangsa," kata dia.

Pemanfaatan dana zakat untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19, telah disetujui secara syariat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Fatwa Nomor 23 Tahun 2020 Tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah untuk Penanggulangan COVID-19.

Fatwa tersebut dikeluarkan dalam rangka meneguhkan komitmen dan kontribusi keagamaan untuk penanganan dan penanggulangan wabah yang telah merenggut banyak nyawa.

Dengan mengusung tema "Tunaikan zakat, selamatkan umat," Global Zakat ACT berkomitmen untuk menyampaikan zakat yang telah disalurkan oleh masyarakat untuk membantu para mustahik yang kekurangan pangan.

Baca juga: ACT ajak umat muslim berzakat lebih awal

Pewarta: Katriana
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bagi bantuan pakai kupon untuk minimalisasi kerumunan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar