Pemkot Tanjungpinang terima hibah KM Banawa Nusantara dari Kemenhub

Pemkot Tanjungpinang terima hibah KM Banawa Nusantara dari Kemenhub

Plt Wali Kota Tanjungpinang Rahma dan jajaran meninjau kapal KM Banawa Nusantara 64 dari Kementerian Perhubungan, Rabu (13/5/2020). (ANTARA/Ogen)

Rencananya kapal ini akan dikelola oleh lintas sektor
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang, Kepulauan Riau menerima hibah berupa Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 64 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diterima oleh Dinas Perhubungan Kota Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Pelaksana Tugas Wali Kota Tanjungpinang, Rahma dan jajaran langsung melakukan peninjauan kapal tersebut, di Pelabuhan Tanjung Unggat, Rabu.

Rahma sangat menyambut baik dengan adanya hibah kapal tersebut.
Baca juga: Kapuas akan terima hibah kapal susur sungai dari Kemenhub


Menurutnya, keberadaan KM Banawa Nusantara 64 sangat membantu Pemkot Tanjungpinang dalam penyediaan transportasi air.

"Rencananya kapal ini akan dikelola oleh lintas sektor, meski demikian Dinas Perhubungan juga tetap menjadi mitra kerja terkait perawatan dan lain-lain," kata Rahma.

Dia menambahkan, kapal ini juga akan digunakan untuk transportasi anak-anak yang berdomisili di Pulau Penyengat, kemudian dapat juga dimanfaatkan oleh Dinas Pariwisata.

"Terkait regulasinya akan kita dudukkan bersama agar jelas tupoksi masing-masing OPD ini," ujar Rahma pula.

Dia pun berharap kapal ini dapat dimanfaatkan oleh badan usaha milik daerah (BUMD) dari pengelolaan sektor bisnisnya, seperti untuk pengangkutan kebutuhan pokok dengan penjadwalan yang jelas sehingga tidak saling terganggu.

"Semoga saja hal ini dapat direalisasikan, sehingga dapat memberikan kemudahan masyarakat dan juga untuk sektor pariwisata," kata Rahma lagi.
Baca juga: NTT dapat hibah dua kapal dukung Program Logistik Ikan Nasional

Pewarta: Ogen
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar