Tenis

Osaka gunakan waktu rehat untuk tingkatkan kepercayaan diri

Osaka gunakan waktu rehat untuk tingkatkan kepercayaan diri

Petenis Jepang Naomi Osaka beraksi saat pertandingan melawan petenis Republik Ceko Petra Kvitova pada pertandingan WTA Tour Finals di Shenzhen Bay Sports Center di Shenzhen, provinsi Guangdong, China, Minggu (27/10/2019).ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww.

Jakarta (ANTARA) - Petenis Jepang Naomi Osaka mengatakan sedang berusaha meningkatkan rasa percaya diri dengan memanfaatkan waktu luang yang banyak dimiliki dalam masa rehat pertandingan akibat pandemi COVID-19.

Juara dua kali Grand Slam ini mengaku selama ini bermasalah dengan rasa malu dan kurang percaya diri saat bertanding. Menurut dia, perasaan tersebut sangat mengganggu.

"Orang-orang mengenal saya sebagai pribadi yang sangat pemalu. Dalam masa karantina ini saya ingin meluangkan waktu untuk merenung, banyak hal yang saya sesali bahkan sebelum tidur," katanya dalam laporan Reuters, Rabu.

Baca juga: Osaka beradaptasi jadi orang rumahan selama masa pandemi

Baca juga: Roland Garros kemungkinan digelar tanpa penonton


Musim tenis dihentikan sejak awal Maret karena wabah COVID-19 dan masa istirahat itu diperkirakan akan berlanjut hingga setidaknya pertengahan Juli akibat banyaknya negara yang memberlakukan lockdown.

Petenis yang kini menetap di Amerika Serikat itu mengambil keuntungan dari masa rehat panjang untuk mencari ketenangan jiwa.

"Sebagian besar penyesalan itu adalah karena saya tidak berani mengutarakan apa yang saya pikirkan. Saya merasa, seandainya saya lebih tegas, saya akan mendapat kesempatan untuk melihat lebih banyak peluang," kata petenis berusia 22 tahun itu.

Bahkan Petra Kvitova sempat mengatakan bahwa tahun lalu Osaka harus berusaha membiasakan diri dengan ketenaran yang ia dapat setelah menduduki peringkat teratas dunia.

Osaka menjadi petenis Jepang pertama yang mencapai peringkat nomor satu dunia versi WTA setelah kemenangannya di Australia Open 2019.

Baca juga: Penyelenggara French Open beri ganti rugi pemegang tiket

Baca juga: Andreescu masih berambisi kejar peringkat satu


Dalam situasi yang sulit seperti sekarang, dia menganggap bahwa tenis bukan prioritas utama saat ini.

"Saya ingin menggunakan waktu ini untuk mempelajari sesuatu yang baru, karena saya yakin tidak akan memiliki waktu luang sebanyak ini nantinya," ujar petenis yang kini berada di peringkat 10 itu.

Tanpa akses ke gym dan lapangan tenis, Osaka menemukan mitra pelatihan dengan mantan petenis nomor satu lainnya yaitu Venus Williams. Keduanya melakukan sesi latihan di media sosial.

"Saya melakukan sesi siaran langsung Instagram dengan Venus sekarang. Lebih intens dari yang saya kira. Kami melakukan pemanasan, sedikit latihan gerakan dan semacamnya," pungkas Osaka.

Baca juga: Dana bantuan untuk petenis capai 6 juta dolar AS

Baca juga: Nadal tak yakin bisa kembali berkompetisi sebelum 2021

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tenis Ganda Campuran menjadi penutup yang manis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar