Jakarta (ANTARA News) - Dua pecatur andalan Indonesia GMW Irene Kharisma Sukandar (rating 2311) dan GM Susanto Megaranto (2534) gagal meraih tiket ke kejuaraan dunia catur, setelah keduanya tidak dapat memenangi babak kedelapan kualifikasi Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City, Vietnam, Selasa.
Susanto hanya mampu bermain remis lawan MF Ton That Nhu Tunh (Vietnam 2227) pada langkah ke-34 Serangan Trompowsky, demikian menurut siaran peras PB Percasi, Selasa. Dengan lima angka Susanto berada di peringkat sembilan sementara pertandingan tinggal satu babak lagi.

Satu tiket di kelompok putra ini sudah pasti direbut pecatur Filipina GM Laylo Darwin (2494) yang telah mengemas tujuh angka dan tidak mungkin dilampaui siapa pun, meskipun kalau di babak terakhir kalah. Unggulan pertama GM Wesley So (2645) juga dari Filipina berpeluang merebut tiket kedua karena berada di posisi kedua dengan enam angka.

Hasil lebih menyedihkan menimpa Irene yang harus menyerah dari pecatur tuan rumah GMW Le Thanh Tu (2310) pada langkah ke-29 pertahanan Semi Slavia.

Hasil tersebut membuat Irene tetap dengan lima angka dan sementara berada di peringkat delapan. Sementara unggulan pertama GMW Batkhuyag Monguntuul (2420) dari Mongolia kembali menang dan sudah membukukan 6,5 angka. Namun demikian posisi Batkhuyag belum aman benar karena satu pecatur Vietnam MFW Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam 2219) masih membuntuti dengan enam angka.

Sementara babak terakhir Rabu (29/7) Batkhuyag jumpa GMW Le Thanh Tu (2310) yang menggemas 5,5 angka sedang Mai Hung jumpa pecatur yang baru mengemas 4,5 angka, yaitu MFW Sherily Cua (2174) dari Filipina.

Sedangkan pecatur junior Indonesia berusia 12 tahun MFW Medina Warda Aulia yang pada Senin (27/7) kalah menyedihkan belum dapat pulih dan kalah lagi. Kali ini dari MFW Vo Thi Kim Phung (Vietnam 2073). Hasil tersebut membuat Medina bertahan dengan tiga angka.

Hasil pecatur Indonesia lainnya, Dewi AA Citra menambah setengah angka hasil remis dengan MFW Sherily Cua (Filipina 2174). Citra kini sudah mengumpulkan 3,5 angka.

Sementara Chelsie Monica kalah dari MFW Luong Nhat Linh (Vietnam 1952) sehingga tetap bertahan dengan 3,5.

Kejuaraan Dunia Catur Zona 3.3 Asia di Ho Chi Minh City yang menggunakan sistem Swiss sembilan babak ini diikuti 85 pecatur dari delapan negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Jepang, Mongolia dan tuan rumah Vietnam. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009