Jakarta (ANTARA) - Google memiliki sejumlah trik mudah yang dapat diaplikasikan agar bekerja dari rumah dapat menjadi lebih efektif, mulai dari Gmail hingga Drive.

Berikut ulasan dari Pakar Produktivitas Google, Laura Mae Martin dalam konferensi virtual bersama Google, Kamis.

1. Gmail - menjadwalkan kirim email otomatis
Gmail memiliki fitur untuk mengirim email sesuai jadwal yang diinginkan. Ketika membuat pesan baru atau membalas, klik panah sebelah tombol "Kirim", lalu "Jadwalkan pengiriman".

2. Meet - membisukan pemberitahuan saat rapat
Terdapat fitur di Google Meet untuk meminimalisir gangguan saat menghadiri rapat virtual atau ketika di luar ruangan. Dengan memilih tombok "Aktif", pilih durasi untuk mute pemberitahuan.

3. Chrome - pin tab
Fitur pin tab dalam browser Google Chrome dapat menyematkan tab di browser dan mencegahnya untuk menutup secara tidak sengaja. Caranya, cukup klik kanan dan pilih "pin tab".

4. Calendar - buat daftar tugas
Dalam Calendar, pengguna dapat membuat daftar tugas, dan bahkan dapat menyematkan kotak tugasnya dengan mudah.

5. Drive - buat ruang kerja (workspace)
Ruang kerja dalam Drive memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam banyak proyek dan perlu cara cepat untuk mengakses file penting.

Bagian "Ruang Kerja" dapat dipilih di kolom prioritas, lalu buat dan beri nama folder, dan tambahkan file ke dalam folder tersebut.

6. Slides - tanya-jawab
Google Slides memungkinkan penggunanya untuk menerima dan menyampaikan pertanyaan audiens. Cukup minta audiens untuk mengirimkan pertanyaan selama presentasi.



Baca juga: Tips belajar di rumah pakai Google Earth

Baca juga: Tips Google agar terhindar penipuan online

Baca juga: Tips dari pakar produktivitas agar efektif bekerja dari rumah

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020