Untuk Entikong, kita siapkan 100 paket
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan paket ikan ke masyarakat perbatasan untuk meningkatkan imun guna melawan COVID-19.

Melalui Badan Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) sebanyak 1.000 paket bantuan yang terdiri dari 5 ton beras, 2 ton ikan, dan 100 paket ikan bermutu disalurkan untuk masyarakat Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

"Untuk Entikong, kita siapkan 100 paket, " kata Kepala BKIPM Entikong Mas Wigrantoro Giri Pratikno dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.

Di Kabupaten Melawi, bantuan diserahkan secara simbolis kepada Bupati Melawi, Panji yang juga dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR, Yessy Melania. Di wilayah itu, sebanyak 900 paket yang dibagikan untuk 11 Kecamatan.

"Setiap paket berisi ikan 2 kg dengan jenis Kembung dan Layang serta beras sebanyak 5 kg," sambungnya.

Di tempat terpisah, 1.286 paket ikan bermutu juga disalurkan di Kabupaten Sorong, Papua Barat.

Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Sorong, Noch M. Jefta Telew memaparkan bantuan tersebut terdiri dari 1,3 ton ikan lema segar beku, 130 kg udang beku, 2.558 kaleng ikan sarden serta 636 abon tuna.

"Ini semua hasil nelayan, pengolah, UMKM, dan pedagang di Kota Sorong," jelas Noch.

Adapun sasaran pembagian bantuan, yakni 156 paket untuk Rumah Sakit Umum Sele Be Solu, 200 paket untuk masyarakat pesisir di Kelurahan Rufei Pantai, 100 paket untuk RSUD Kabupaten Sorong.

Selanjutnya, 44 paket untuk panti asuhan Sinar Kasih, 100 paket untuk Rumah Sakit AL Sorong, 250 paket untuk panti asuhan orang asli Papua Kokoda.

Selain itu, terdapat 286 paket untuk pekerja informal terdampak COVID-19 di Kota dan Kabupaten Sorong serta 150 paket untuk pekerja informal di Kabupaten Manokwari.

Anggota DPD RI, Muhamad Sanusi Rahaningmas pun mengapresiasi KKP dan BKIPM atas kepeduliannya dalam berperan serta mengatasi dampak COVID-19 di Provinsi Papua Barat.

Menurutnya, program Bulan Mutu Karantina 2020 menjadi dapat motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan konsumsi protein.

"Sehingga bisa meningkatkan imun tubuh menghadapi virus COVID-19," kata Sanus.

Baca juga: Tingkatkan imun, KKP kembali bagikan paket ikan bermutu ke masyarakat
Baca juga: KKP bagikan 3.200 paket ikan di Jambi dan Sulsel

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020