Samsung hadirkan ponsel Quantum 5G

Samsung hadirkan ponsel Quantum 5G

Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom menghadirkan ponsel Quantum. (sktelecom.com)

Jakarta (ANTARA) - Raksasa teknologi asal Korea Selatan Samsung bersama perusahaan telekomunikasi SK Telecom menghadirkan ponsel Quantum.

Saat ini bahkan komputer Quantum masih jarang dan mahal. Perangkat tersebut menggunakan fenomena fisika yang memungkinkan partikel berada di banyak negara pada saat bersamaan. Komputer Quantum menghasilkan angka acak yang membuat keamanannya hampir tidak dapat dipecahkan.

Samsung dan SK Telecom mengembangkan generator nomor acak kuantum dan memasukkannya ke dalam smartphone. Ponsel tersebut dinamai Samsung Galaxy A Quantum, namun perangkat itu adalah Galaxy A71 5G yang diganti namanya dengan penambahan chipset kuantum.

Baca juga: Daftar ponsel yang meluncur selama pandemi COVID-19

Baca juga: Tablet Samsung diminati untuk bekerja dari rumah


"Chipset generator angka acak kuantum membantu pengguna smartphone menggunakan layanan tertentu dengan menghasilkan angka acak murni yang tidak dapat diprediksi dan tanpa pola," ujar SK Telecom, dikutip dari Phone Arena, Jumat.

Chip kuantum hanya berukuran 2,5x2,5mm dan menggunakan sumber cahaya LED untuk menghasilkan foton. Kemudian, sensor CMOS mendeteksi foton.

Jumlah foton yang terdeteksi dalam area sensor tertentu untuk waktu tertentu tidak dapat diprediksi, menurut hukum fisika. Sehingga, diperlukan generator nomor acak.

Samsung Galaxy A Quantum bukan sekadar gimmick. Ponsel ini mendukung beberapa layanan, yang memanfaatkan keamanan kuantum, di antaranya identifikasi pengguna dan pembayaran seluler.

SK Telecom berencana untuk memperluas ekosistem terkait sehingga keamanan kuantum dapat diterapkan ke lebih banyak layanan di masa depan.

Saat ini, Galaxy A Quantum tersedia untuk pre-order di Korea mulai 15 hingga 21 Mei, dengan penjualan resmi dimulai pada 22 Mei. Perangkat tersebut dibanderol dengan harga 649.000 won atau sekitar Rp7,9 juta.

Namun, tidak ada informasi mengenai kemungkinan rilis secara global. Meski begitu, Galaxy A Quantum merupakan langkah penting yang membawa teknologi komputasi kuantum ke perangkat konsumen.

Baca juga: Samsung diperkirakan hanya buat dua model Galaxy Note 20

Baca juga: Pendapatan Samsung turun, bisnis layar paling terpukul dampak corona

Baca juga: Samsung, Xiaomi, Oppo dan Vivo akan mulai kembali manufaktur di India

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Akses internet, inovasi dan love quantum Jack Ma

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar