Depok (ANTARA News) - Kapolsek Sawangan AKP Icang Suhendar menjelaskan pihaknya telah menyebar puluhan tim di rumah yang pernah ditempati oleh Ibrohim di Perumahan Bumi Sawangan Indah II, Jalan Karet 3 Nomor 38, Blok III B RT 006/ 09 Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Upaya itu, katanya di Depok, Kamis, sebagai langkah antisipasi adanya teroris yang bersembunyi di wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta tersebut.

"Kami telah meninjau dan menyebar tim ke lokasi rumah yang pernah ditempati oleh Ibrohim," katanya.

Ibrohim membeli dan menempati rumah tersebut selama tiga tahun sejak tanggal 17 Juli 2002 hingga Juli 2005.

Ia mengatakan, Ibrohim sudah pindah dari rumah tersebut sejak tahun 2005, dan saat ini rumah tersebut sudah ditempati penghuni baru lainnya yaitu pasangan suami-istri, Komarudin dan Gunarti.

Gunarti menjelaskan, rumah tersebut telah di over-kredit dan cicilannya masih harus dilunasi hingga tahun 2012.

Penghuni baru tersebut membeli rumah milik Ibrohim dengan uang muka sebesar Rp22 juta yang cicilannya melalui Bank Yudha Bakti sebesar Rp440 ribu perbulan.

Gunarti mengaku tidak mengenal secara dekat Ibrohim. Hanya diakuinya sempat beberapa kali bertemu.

"Terakhir kali bertemu Ibrohim tahaun 2006, ketika itu dia mengurus surat keterangan pindah alamat untuk membuat KTP di Kuningan," katanya.

Tetangga Ibrohim, Sibuea mengatakan, memang Ibrohim banyak dikenal masyarakat karena sikapnya yang tertutup. "Dia tidak pernah ikut kerja bakti dilingkungannya sendiri," katanya.

Sebelumnya, Ibrohim juga sempat tinggal di daerah Depok lainnya yaitu di Jalan Giring-Giring 2 No 179 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, tahun 1996 selama enam bulan.

Penata bunga Hotel Ritz Carlton, Ibrohim alias Boim (40), yang masuk dalam daftar orang yang paling dicari polisi, dalam kasus peledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton.

"Saya yakin itu Ibrohim yang selama ini diburu polisi dan ramai menjadi pemberitaan media massa," kata Ketua RT 009, Sutarmanto.

Ibrohim pernah tinggal di sebuah rumah kontrakan di Jalan Giring -Giring 2, Nomor 179, RT 009/010 Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya. Ia tinggal bersama istri dan kedua anaknya.

Sutarmanto mengatakan Ibrohim dikenal sebagai pribadi yang tertutup dan jarang bergaul dengan masyarakat sehingga masyarakat tidak mengenalnya secara dekat.

"Pribadinya sangat tertutup," katanya.

Ia mengatakan, ketika fotonya ditunjukkan di televisi, jelas sekali itu Ibrohim, waktu itu lebih muda dari yang ada di foto. Ibrohim menikahi istrinya bernama Uci yang merupakan anak dari tetangganya yaitu Zaylani.

Ibrohim menempati rumah kontrakan yang berukuran seluas 15 x 6 metert. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009