Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengungkapkan 172 Anak Buah Kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia masih dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

Satu orang ABK WNI terkonfirmasi positif COVID-19 yaitu ABK WNI yang bekerja di Kapal MV Poluma Portugal.

Baca juga: 172 WNI dari luar negeri jalani perawatan di RSD Wisma Atlet

Baca juga: Sembuh, 1.180 pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Baca juga: RSD Pulau Galang merawat 32 pasien COVID-19


Selain itu, 15 orang ABK WNI lainnya merupakan ABK WNI di Kapal MV Arthania, dan 156 orang ABK WNI di Kapal MV Freedom dan Carnival Valor.

"Jumlah total 2.049 orang pasien WNI dari Luar Negeri, 172 orang masih dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, 1.003 orang sudah pulang, serta 1.234 orang masih menunggu hasil tes Swab," ujar Yudo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Yudo menambahkan, 14 ABK WNI dari Kapal Long Xin saat ini juga menjalani isolasi sambil menunggu hasil tes swab, namun mereka menunggu di panti sosial Bambu Apus Jakarta Timur.

Berikut rincian data secara lengkap yang disampaikan oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono dalam keterangan tertulisnya:

1). ABK WNI di Kapal MV. Arthania sebanyak 58 orang. 43 orang diantaranya dibolehkan pulang, sedangkan 15 orang lagi masih dirawat inap di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

2). ABK WNI di Kapal MV. Eksplorer Dream sebanyak 359 orang, 353 orang diantaranya dibolehkan pulang, sedangkan 6 orang menunggu hasil tes swab di hotel Ambhara dan Falatehan.

3). ABK WNI di Kapal MV. Amsterdam sebanyak 177 orang, seluruhnya telah diperbolehkan pulang.

4). ABK WNI di Kapal MV. Quantum of The Seas sebanyak 93 orang, saat ini seluruhnya masih menunggu hasil tes swab di hotel Grand Mercure Jakarta.

5). ABK WNI di Kapal MV. Win Sprite sebanyak 30 orang, saat ini seluruhnya masih menunggu hasil tes swab di hotel Ambhara Jakarta Selatan.

6). ABK WNI di Kapal MV. Viking Orion sebanyak 42 orang, saat ini seluruhnya masih menunggu hasil tes swab di hotel Pullman.

7). ABK WNI di Kapal MV. Costa Cruise sebanyak 11 orang, semuanya dinyatakan negatif COVID-19, saat ini masih berada di Swiss-Bell Hotel Cengkareng.

8). ABK WNI di Kapal MV. Long Xin sebanyak 14 orang, saat ini menunggu hasil tes swab di panti sosial Bambu Apus Jakarta Timur.

9). ABK WNI di Kapal MV. Freedom dan Carnival Valor sebanyak 211 orang, 55 orang diantaranya sudah boleh pulang/sembuh, sedangkan 156 orang masih dirawat inap di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

10). ABK WNI di Kapal MV. Poluma Portugal, 1 orang dinyatakan positif COVID-19 dan dirawat inap di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran.

11). ABK WNI di Kapal MV. Carnival sebanyak 375 orang, seluruhnya sudah dibolehkan pulang.

12). Jemaah Tabligh sebanyak 196 orang, saat ini masih diisolasi di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta sambil menunggu hasil tes swab.

13). ABK WNI di Kapal MV. Royal Carribean Cruice Line (RRCL) Bridgestone-Barbados sebanyak 223 orang masih menjalani isolasi di Asrama Haji Pondok Gede sambil menunggu hasil tes swab.

14). Rombongan SMK magang di Jepang sebanyak 16 orang, saat ini masih diisolasi di Asrama Haji Pondok Gede sambil menunggu hasil tes swab.

15). Rombongan ABK WNI sebanyak 603 orang dari MV Royal Carribean Cruise, Hongkong, Taiwan dan Kuala Lumpur diisolasi di Wisma Atlet Tower C2, sambil menunggu hasil tes swab.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020