Los Angeles (ANTARA News/Reuters) - Ibu Michael Jackson akan mendapat hak pemeliharaan atas tiga anak mendiang bintang pop tersebut setelah mencapai perjanjian dengan bekas isterinya Debbie Rowe, menghindari perebutan pengasuhan hanya beberapa hari sebelum pemeriksaan pengadilan mengenai masalah itu.

Rowe akan mendapat hak kunjungan resmi pada dua anak biologisnya dengan Jackson -- Prince Michael, 12, dan Paris, 11, menurut ketentuan perjanjian itu, beberapa pengacara mengatakan Kamis.

Ibu biologis anak ketiga Jackson, Prince Michael II, 7, juga dikenal sebagai Blanket, tidak pernah diungkapkan.

Ibu Michael Jackson, Katherine, 79, diberi hak pengasuhan sementara atas anak-anak tersebut setelah ia meninggal karena perhentian jantung pada 25 Juni.

Penyanyi "Thriller" itu menetapkan dalam wasiatnya pada 2002 bahwa ia menginginkan ibunya untuk merawat anak-anak tersebut, tapi menyusul kematiannya, Rowe tampaknya akan mempertimbangkan untuk menantang hak pengasuhan Katherine Jackson. Sidang pemeriskaan mengenai masalah itu ditetapkan pada 3 Agustus.

"Ny. Jackson dan keluarganya senang masalah ini telah dipecahkan dan ditangani dengan cara yang teliti, bijaksana dan sopan oleh pihak-pihak itu dan wakil mereka," Londell McMillan, pengacara Katherine Jackson, mengatakan dalam satu pernyataan.

"Kami semua bersatu dalam tujuan kami untuk melakukan apa yang terbaik bagi anak-anak Michael yang hebat itu, dan Nyonya Jackson dan Debbie Rowe berada tepat di halaman yang sama," kata McMillan.

Eric George, pengacara Rowe, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa perjanjian itu merupakan "hasil yang bermartabat".

"Satu-satunya pertimbangan antara pihak-pihak itu adalah kepentingan anak-anak tersebut," katanya.


Nilai kekayaan

Jackson meninggalkan kekayaannya, bernilai lebih dari 500 juta dolar dalam tambahan wasiatnya, pada perwalian kepercayaan keluarga yang menguntungkan anak-anaknya, ibunya dan beberapa yayasan.

"Kekayaan itu bernilai, menurut perkiraan saya, beberapa miliar dolar," kata McMillan dalam satu wawancara dengan program "The Early Show" saluran berita CBS, merujuk pada nilai estate itu pada masa depan jika mencapai pendapatan petensialnya.

"Anda dengar 500 juta dolar. Jangan membelinya," ia mengatakan.

Perkiraan berbeda-beda meluas. Beberapa laporan belum lama ini termasuk satu di Los Angeles Times yang menyebutkan nilai bersih kekayaan itu 200 juta dolar.

Porsi besarnya adalah bagian kepemilikan Jackson di perusahaan penerbitan musik Sony/ATV, yang memiliki lagu-lagu lama Beatles dan ratusan lagu dari artis-artis lain serta diperkirakan nilainya akan mencapai sebesar 1 miliar dolar. Namun penyanyi itu juga dikatakan memiliki sebesar 500 juta dolar utang ketika ia meninggal.

Namun, sejak kematiannya lagu-lagu dan CD Jackson tampaknya melahirkan kembali popularitas, dan ada spekulasi yang menjadi-jadi mengenai masa depan DVD, film dan proyek TV dalam pekerjaan yang dapat menambah nilai kekayaan Jackson.

Pada pemeriksaan 3 Agustus, para pengacara ibu Jackson dan eksekutor yang disebutkan dalam wasiat penyanyi itu diperkirakan akan membuktikan administrasi kekayaannya.

Laporan sebab musabab kematian bintang pop itu masih menunggu hasil tes toksikologi dan lainnya. Laporan teksikologi diperkirakan secepatnya pekan ini tapi sekarang telah ditangguhkan hingga pekan depan di tengah penyelidikan apakah dokter yang memberikan resep obat yang dapat menyebabkan kematiannya.

Meskipun kenangan publik akan penyanyi itu telah dilakukan awal bulan ini, pengaturan pemakaman pribadi Jackson masih belum diumumkan dan jenasahnya masih di sebuah rumah mayat di Los Angeles.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009