Jakarta (ANTARA) - Pusdokkes Polri telah melakukan tes COVID-19 terhadap seluruh perwira tinggi Polri dan para kapolda yang hadir dalam upacara serah terima jabatan di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, 8 Mei 2020.

"Sudah diambil langkah seluruh perwira tinggi Polri yang hadir dilakukan tes. Hasil pemeriksaan semua negatif," kata Kadiv Humas Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Irjen Supratman tak tertular Corona saat sertijab 8 Mei Mabes Polri

Brigjen Argo menjelaskan setelah sertijab, pati Polri termasuk para kapolda bertolak ke daerah tempat mereka bertugas. Mereka pun langsung melakukan rapid test untuk memastikan mereka tertular COVID-19 atau tidak.

"Para peserta sertijab, setelah sampai di wilayah sudah melakukan test rapid di wilayah masing-masing dan hasilnya semua negatif," katanya.

Sementara untuk pati Polri yang bertugas di lingkungan Mabes Polri, termasuk Kapolri Jenderal Pol Idham Azis juga sudah menjalani test swab yang diadakan oleh Pusdokkes Polri. Hasilnya pun negatif.

"(Pati Polri) yang di Mabes Polri juga hasilnya negatif," kata jenderal bintang satu itu.

Baca juga: Kontak mantan Kapolda positif, gubernur-sekda Bengkulu isolasi mandiri

Sebelumnya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan bahwa eks Kapolda Bengkulu Irjen Supratman dinyatakan positif COVID-19 selang satu hari setelah menghadiri sertijab di Mabes Polri berdasarkan hasil uji swab.

Rohidin menjelaskan Supratman diduga terpapar virus COVID-19 saat masih bertugas di Bengkulu.

‎Kini Supratman dalam kondisi sehat dan sedang menjalani isolasi dan ditangani dengan baik oleh tim medis.

Nama Supratman masuk dalam daftar 23 orang positif COVID-19 yang diumumkan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu pada Sabtu (9/5).

Kini Supratman ditarik ke Mabes Polri untuk menduduki jabatan sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespim Lemdiklat Polri karena memasuki masa pensiun.

Baca juga: Mantan Kapolda Bengkulu positif COVID-19

Selain Irjen Supratman, ada empat perwira polisi lainnya di Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19 termasuk Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno.

"Kita berdoa agar Bapak Irjen Supratman, Kabid Humas dan lainnya segera diberikan kesembuhan," kata Argo.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu terus melacak klaster aparat keamanan yang pernah kontak dengan empat perwira yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Baca juga: Kapolda Bengkulu Brigjen Teguh Sarwono jalani isolasi mandiri

Baca juga: Pelaksanaan sertijab eks Kapolda Bengkulu sesuai protokol kesehatan

Baca juga: Kontak dengan mantan Kapolda, Gubernur Bengkulu isolasi mandiri

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020