Belitung,Babel (ANTARA) - Bupati Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sahani Saleh melepas kepulangan dua pasien sembuh dari COVID-19 setelah menjalani masa karantina penyembuhan selama 14 hari.

"Alhamdulillah, dari empat pasien positif semuanya sudah sembuh, tiga sudah pulang dan satu masih menjalani karantina penyembuhan tetapi secara medisnya memang sudah sembuh," katanya di Tanjung Pandan, Jumat.

Dia menuturkan, dari empat pasien positif yang masuk tabulasi Belitung, seluruhnya telah dinyatakan sembuh, tersisa satu pasien positif COVID-19 di luar tabulasi Belitung yang saat ini sedang mendapatkan perawatan di RSUD setempat.

Dengan demikian, Belitung belum dapat dikategorikan sebagai zona hijau dari penyebaran virus corona baru atau COVID-19 karena potensi penularan masih tetap ada.

Baca juga: Satu pasien positif COVID-19 di Belitung sembuh

Baca juga: Pemprov Babel programkan rapid test di Belitung


"Karena belum totalitas pasien sembuh karena masih ada pasien positif yang sedang mendapatkan perawatan," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat diharapkan tidak kendur dan terus mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19, dan tidak terlena dengan status zona yang sering diperbincangkan akhir-akhir ini.

"Jadi tidak ada zona merah, kuning atau hijau karena virus ini tidak diketahui sebarannya. Bisa saja melalui beberapa hal, jadi tetap waspada," ujarnya.

Dia khawatir, dengan kembali menjadi zona hijau, membuat masyarakat terlena dan tidak terkendali dalam mematuhi protokol penanganan COVID-19.

"Kami khawatir jika tidak terkendali justru bisa terkena gelombang ke dua," katanya.*

Baca juga: Satpolair Belitung amankan tujuh penumpang kapal nelayan dari Kalbar

Baca juga: Kabupaten Belitung susun langkah kembali ke zona hijau COVID-19

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020