Sembilan warga dari klaster RW 07 Jembatan Besi positif COVID-19

Sembilan warga dari klaster RW 07 Jembatan Besi positif COVID-19

Warga RW 07 Jembatan Besi, Tambora, menjalani tes usap COVID-19 di Jakarta, Kamis (14/5/2020). (ANTARA/HO-Dokumentasi Kecamatan Tambora)

Jakarta (ANTARA) - Sembilan warga dari klaster RW 07 Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat, dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil "swab test" atau uji usap.

"Berdasarkan dari hasil 'swab' yang kami terima, ternyata ada sembilan warga kami yang positif COVID-19," kata Camat Tambora, Bambang Sutama di Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan, kesembilan warga tersebut tengah menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka akan diarahkan untuk isolasi di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran dan RSUD Tarakan.

Pihaknya tengah menunggu koordinasi dengan Puskesmas Tambora dan rumah sakit yang dituju."Karena kalau tidak kami bawa ke rumah sakit dikhawatirkan akan terjadi penyebaran wabah semakin meluas," ujar Bambang.

Baca juga: DKI buka PPDB mulai 15 Juni
Warga Kampung Akuarium di RT 012 RW 04 mengikuti uji cepat atau rappid test virus corona (COVID-19) di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (30/4/2020). (ANTARA/Humas Pemkot Jakarta Utara)
Bambang akan menggelar tes usap COVID-19 tahap ketiga di kawasan RT 12/07 Jembatan Besi. Ditengarai di kawasan tersebut terdapat warga positif COVID-19 di RT 07 dan RT 06 yang berinteraksi dengan warga di RT 12.

"Kalau tahap satu kan satu keluarga positif. Kalau sekarang ada enam keluarga yang positif. Jadi kami kira butuh uji usap lebih meluas lagi," kata Bambang.

Dia tak menampik akan adanya "ledakan" jumlah penderita COVID-19 karena adanya tes usap rutin di wilayahnya. Hal tersebut diharapkan menjadi pelajaran bagi warga sekitar untuk lebih mementingkan pencegahan penularan virus tersebut.
Baca juga: Sepulang dari Jakarta, ibu dan dua anaknya mengisolasi diri ke ladang

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Riau siapkan 2 hotel bintang 4 untuk pasien COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar