Gedung Tower 6 ini didesain khusus ruangan negatif
Jakarta (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya Yudo Margono mengecek kesiapan Tower 6 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat, untuk pasien COVID-19.

Papen Kogabwilhan-I, Kolonel Marinir Aris Mudian, dalam keterangannya mengatakan, Tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran yang sedang direnovasi adalah untuk menampung pasien COVID-19.

"Gedung Tower 6 ini didesain khusus ruangan negatif (negative pressure) dan peningkatan fungsi dari ruang rawat inap menjadi rumah sakit," katanya.
Baca juga: 172 ABK WNI dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran, 1 positif COVID-19


Dalam kesempatan tersebut, kata dia, Pangkogabwilhan I mendapatkan penjelasan mengenai kesiapan Tower 6 oleh Kapuskes TNI Mayjen dr Bambang Dwi Hasto dan Komandan Batalion Kesehatan AU Dr Wisnu.

Menurut dia, Tower 6 direnovasi untuk ruangan IGD (Instalasi Gawat Darurat), HCU (High Care Unit) dan ICU (Intensive Care Unit).

Lantai 1 adalah ruang IGD dengan fasilitas 25 tempat tidur, lantai 2 adalah ruang HCU dengan fasilitas 45 tempat tidur, dan lantai 3 adalah ruang ICU dengan fasilitas 39 unit.

Lantai HCU dan ICU semuanya, kata Aris, dilengkapi ruangan bertekanan negatif, sedangkan ruang IGD dilengkapi ruangan isolasi tekanan negatif, ruangan penunjang yaitu ruangan konsultasi spesialis, laboratorium, radiologi, farmasi dan pemulasaran jenazah.

"Sesuai rencana, Tower 6 di Wisma Atlet akan selesai secara fisik di akhir Mei 2020," ujar Aris.
Baca juga: RSD Wisma Atlet catat 1.046 pasien sembuh


Selain meninjau Tower 6, Laksdya Yudo Margono didampingi Asops Kogabwilhan-I Brigjen Suhardi, Papen Kogabwilhan-I Kolonel Mar Aris Mudian dan Waasintel Kogabwilhan-I Kolonel Inf Bosco juga meninjau Posko Kogabwilhan-I yang berada di Tower 1, dan memberikan penekanan untuk posko agar memantau perkembangan COVID-19 secara komprehensif, baik yang ada di Wisma Atlet maupun WNI yang datang dari luar negeri (ABK kapal atau TKI) yang diisolasi di hotel, asrama haji maupun yang ada di Wisma Atlet.

"Sehingga dapat dilaporkan secara komprehensif oleh pamen siaga yang ada di Posko Kogabwilhan I," ujarnya pula.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2020