Boyolali (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Boyolali mengirim sebanyak 10 ton beras untuk membantu warganya yang merantau dan tidak bisa mudik, di wilayah Jakarta-Bogor- Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), di tengah pandemi COVID-19.

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Totok Eko Yudi Priatmo, di Boyolali, Jumat, mengatakan, sebanyak 10 ton beras merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Boyolali kepada masyarakat perantauan yang tidak bisa mudik karena pandemi COVID-19.

Menurut Totok Eko Yudi Priatmo Wabah COVID-19 masih membayangi Indonesia hingga saat ini. Penyebaran pandemi COVID-19 itu membuat aktivitas masyarakat menjadi terhambat.

Baca juga: Kemensos paparkan sejumlah fokus akuntabilitas bantuan COVID-19

Bahkan, kata Totok, banyak sektor terganggu hingga menyebabkan tidak dapat diperolehnya penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Hal ini, ternyata mengakibatkan laju perekonomian masyarakat menjadi lesu.

"Begitu juga halnya bagi warga Boyolali yang di perantauan dan tidak dapat kembali pulang ke kampung halamannya," kata Totok.

Menurut dia, pasokan beras yang dikirim ke Jakarta tersebut untuk membantu khususnya warga perantauan yang mengadu nasib di Jakarta Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya.

Bahkan, lanjut dia, kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut terbilang cukup tinggi. Sehingga, Pemerintah Kabupaten Boyolali mengirimkan bantuan beras kepada warganya di perantauan.

Baca juga: Erick Thohir serahkan bantuan sembako untuk 1.000 panti asuhan

"Kami mengirimkan bantuan beras untuk warga perantau ke Jabodetabek, beras 10 ton," katanya.

Pihaknya berharap dengan dikirimkan bantuan beras tersebut dapat membantu masyarakat Boyolali di perantauan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Beras tersebut dikirim menggunakan dua unit truk ke Jakarta, dan diterima pengurus Paguyuban Warga Boyolali di Jakarta untuk dibagikan kepada warga di wilayah Jabodetabek. ***3***

Baca juga: Tokoh Papua minta Freeport perbanyak bantuan ke masyarakat
Baca juga: Polda Sumbar salurkan bantuan melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa
Baca juga: OASE Kabinet Indonesia Maju gandeng berbagai lembaga bantu masyarakat

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020