Kotabaru tambah 1 positif COVID-19 dari kluster Gowa

Kotabaru tambah 1 positif COVID-19 dari kluster Gowa

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotabaru H Sayed Jafar mengumumkan adanya penambahan 1 positif terpapar virus corona di Kotabaru yang merupakan kluster Gowa (Antaranews Kalsel/ohi/humas)

Kotabaru (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Sayed Jafar kembali mengumumkan adanya penambahan 1 kasus positif COVID-19 dari hasil swab atas nama R (39) laki-laki, yang merupakan kluster Gowa.

"Dinyatakan positif atas nama R yang merupakan kluster Gowa ini didasarkan dari hasil pemeriksaan swab pertama dan kedua," kata Sayed Jafar dalam siaran pers, Jumat.

Setelah positif COVID-19, R selanjutnya akan menjalani karantina mandiri dengan pengawasan ketat tim medis di Rumah Sakit Umum Pangeran Jaya Sumitra, sambil menunggu tes swab evaluasi berikutnya.

Orang nomor satu di "Bumi Sajaan" itu menambahkan, bersamaan dengan pemeriksaan swab yang dilakukan terhadap 6 orang lainnya inisial FBH (19), LTK (53), MS, (44), MR (55), S (39), Y (59) yang kesemuanya adalah laki-laki, menunjukkan hasil negatif.

Baca juga: Satu PDP warga Kotabaru dirawat di RSUD Kandangan meninggal dunia

Baca juga: Tangani COVID-19, IDI Kotabaru galang bantuan APD tenaga medis


Sementara untuk SS, perempuan 27 tahun, yang sebelumnya dinyatakan positif, evaluasi tes swab kedua menunjukkan negatif, dan kondisinya stabil.

Meski demikian yang bersangkutan tetap akan menjalani perawatan di RSU Pangeran Jaya Sumitra Kotabaru dan masih menunggu hasil swab ketiga.

Terhadap 6 orang lainnya yang hasil tes swab negatif, akan terus dilakukan pemantauan dan menjalani masa karantina mandiri selama 14 hari, jika ada keluhan harap segera melaporkan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Sebelum mengakhiri konferensi persnya, Bupati mengajak masyarakat Kotabaru agar bersama melawan COVID-19 dengan cara mematuhi semua himbauan dan arahan pemerintah dalam memutus mata rantai virus corona.

Melaporkan diri kepada petugas kesehatan jika baru datang dari luar daerah, tetap tinggal di rumah dan mengurangi kegiatan di luar, jaga jarak dan hindari kerumunan, selalu menggunakan masker jika terpaksa harus ke luar rumah, cuci tangan secara teratur, tingkatkan imunitas tubuh dengan olahraga teratur, diet seimbang dan melakukan pola hidup bersih dan sehat.

Dengan dinyatakan positif COVID-19 terhadap R (39), maka di Kotabaru terdapat 3 kasus positif, namun dalam proses perawatan dan karantina, 1 dinyatakan sembuh inisial MA (72) laki-laki dan S (27) perempuan sedang dalam perawatan dan swab kedua diketahui hasilnya negatif.*

Baca juga: Legislatif Kotabaru pastikan penanganan COVID-19 hingga kepulauan

Baca juga: Cegah COVID-19, Indocement bantu desa binaan dengan disinfektan

Pewarta: Imam Hanafi/shohib
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BI dukung penyediaan benur udang windu di Kotabaru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar