Perempuan berusia 78 tahun itu meninggal pada tanggal 12 Mei 2020
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora kemarin menjadi perhatian pembaca, mulai dari anjuran Muhammadiyah untuk Shalat Idul Fitri di rumah hingga permintaan organisasi internasional agar vaksin COVID-19 bisa bebas paten dan murah harganya.

Berikut berita Jumat (15/5) kemarin yang masih layak disimak:

1. Manula positif COVID-19 asal Prabumulih dimakamkan tanpa protokol

Seorang manula asal Kota Prabumulih Sumatera Selatan yang positif terkena virus corona tidak dimakamkan dengan protokol keamanan COVID-19.

"Perempuan berusia 78 tahun itu meninggal pada tanggal 12 Mei 2020," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Sumatera Selatan Yusri di Palembang, Jumat (15/5).


2. Muhammadiyah anjurkan shalat Idul Fitri di rumah

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menganjurkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri (Id) dilakukan di rumah dengan alasan keselamatan untuk kawasan dengan tingkat penularan COVID-19 yang tinggi, sebagaimana ditetapkan otoritas berwenang.

"Pelaksanaan Shalat Id di rumah tidak membuat suatu jenis ibadah baru. Maka shalat id bagi yang menghendaki dapat dilakukan di rumah masing-masing bersama anggota keluarga dengan cara yang sama seperti shalat id di lapangan," kata Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syamsul Anwar kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/5).

3. Program bantuan Diaspora Peduli targetkan 5.000 penerima korban PHK

Program bantuan Diaspora Peduli hasil kerja sama Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan diaspora Indonesia menargetkan 5.000 pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat COVID-19 akan diluncurkan pekan depan.

"Diaspora Indonesia sepakat menjalankan program solidaritas 'family to family' Diaspora Peduli. Atas permintaan diaspora, bantuan disalurkan kepada pihak penerima yang di-PHK yang paling membutuhkan, yang ekonominya paling lemah," kata penggagas Indonesia Diaspora Network Dino Patti Djalal itu dalam pertemuan daring Kemnaker dan diaspora Indonesia di Jakarta, Jumat malam (15/5).

4. Organisasi internasional minta vaksin COVID-19 bebas paten dan murah

Organisasi nirlaba internasional Oxfam mendesak para pemangku kebijakan dan perusahaan farmasi global untuk membebaskan hak paten untuk vaksin COVID-19 dan dengan biaya produksi serta distribusi yang murah.

“Biaya untuk memberi vaksin kepada 3,7 miliar orang lebih murah dibandingkan dengan biaya dan keuntungan sepuluh perusahaan farmasi terbesar dalam empat bulan. Apa pun yang menghambat vaksin tersedia secara gratis bagi mereka yang membutuhkan adalah sebuah tindakan keji,” kata Direktur Eksekutif Interim Oxfam International Jose Maria Vera dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (15/5).

5. Pasien sembuh COVID-19 bertambah 285 menjadi 3.803

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan hingga 15 Mei 2020, pukul 12.00 WIB, jumlah pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 285 orang atau total menjadi 3.803 orang.

"Sementara pasien (COVID-19) meninggal bertambah 33 orang menjadi 1.076 orang," kata Yurianto dalam jumpa pers di Graha BNPB yang dipantau melalui akun Youtube BNPB Indonesia di Jakarta, Jumat (15/5). 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020