Jakarta (ANTARA News) - Pesawat Twin Otter milik maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines hilang kontak saat melakukan penerbangan Jayapura-Oksibil pada Minggu (2/8) siang. Direktur Operasional PT Merpati Kapten Nikmatullah ketika dihubungi mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan MNA 9760 tinggal landas dari Jayapura sekitar pukul 10.15 Wit dan diperkirakan tiba sekitar pukul 11.05 waktu setempat.

"Namun, sejak tinggal landas pesawat tidak melakukan kontak dengan menara pengawas lalu lintas penerbangan," ujarnya.

Nikmatullah mengatakan, pesawat selain membawa pilot, ko-pilot dan seorang mekanik, juga mengangkut 11 orang dewasa dan dua orang bayi. "Kami segera mengerahkan pesawat sejenis untuk mencari pesawat itu di beberapa jalur yang mungkin dilalui dalam rute Jayapura-Oksibil (ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang.)," katanya.

Penerbangan yang dilakukan pesawat naas itu merupakan penerbangan rutin Papua Oksibil yang dilayani maskapai dua kali sehari.

"Pesawat telah melakukan pengecekan rutin sebelum terbang, dan bahan bakar pun tetap dipenuhi untuk 3,5 jam penerbangan meski rute yang dilayani hanya 55 menit. Jadi, sebenarnya tidak ada masalah. Tetapi kami akan cek lebih rinci lagi," ujar Nikmatullah.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009