Bantul (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan dua pasien konfirmasi positif terpapar virus corona baru di Bantul pada 16 Mei dinyatakan sembuh atau hasil pemeriksaan swab terakhir hasilnya negatif.

"Hari ini ada kesembuhan pasien positif dua orang, yaitu perempuan berusia 40 tahun dan perempuan berusia 50 tahun," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santosa dalam keterangan tertulis melalui aplikasi pesan di Bantul, Sabtu petang.

Dua pasien sembuh dari COVID-19 itu masing-masing (perempuan 40 tahun) berasal dari Kecamatan Piyungan yang dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS), dan (perempuan 50 tahun) asal Banguntapan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) Hardjolukito.

Dengan adanya kesembuhan dua pasien positif corona ini, maka jumlah pasien sembuh di Bantul yang tercatat pada Gugus Tugas COVID-19 Bantul per 16 Mei sebanyak 16 orang, atau bertambah dibanding data sebelumnya per 15 Mei yang berjumlah 14 orang.

Baca juga: Gugus Tugas: Bantul sudah habiskan 2.800 alat "rapid test" COVID-19
Baca juga: Warga Bantul positif COVID-19 punya riwayat dari Jakarta


Sri Wahyu yang juga Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul mengatakan, pada hari ini di Bantul juga ada penambahan satu kasus positif corona, yaitu perempuan berusia 28 tahun.

"Hari ini ada penambahan pasien positif satu orang, adalah perempuan 28 tahun, saat ini dirawat di RSPAU Hardjolukito. Riwayat (tertular) masih ditelusuri," kata pria yang akrab disapa dokter Oky tersebut.

Sementara itu, untuk kasus positif COVID-19 di Bantul secara akumulasi sejak awal hingga 16 Mei tercatat sebanyak 51 orang positif, dengan kesembuhan 16 orang, meninggal dunia dua orang, sehingga pasien positif yang masih dirawat di rumah sakit saat ini ada 33 orang.

"Selalu jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum dan setelah berkegiatan. Tetap beribadah di rumah saja," katanya.

Baca juga: Dua warga Bantul positif COVID-19 usai pulang kerja dari Dubai dan USA
Baca juga: Anak tujuh tahun positif COVID-19 di RS Bantul dinyatakan sembuh
Baca juga: Dinkes Bantul: Warga jangan kucilkan ODP dan PDP COVID-19

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020