Pasien positif COVID-19 di Malut bertambah tiga orang

Pasien positif COVID-19 di Malut bertambah tiga orang

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes bersama Koordinator Humas Gugus Tugas Muliadi Tutupoho saat menyampaikan perkembangan penanganan COVID-19 di Malut. ANTARA/Abdul Fatah

Ternate (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menerima hasil specimen pemeriksaan Tes Cepat Molokuler (TCM) RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak delapan specimen dengan hasil tiga orang positif, sehingga keseluruhan ada 88 orang positif COVID-19 di Malut.

"Hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif tiga orang dari sebaran Kota Ternate dua orang dan Tidore Kepulauan satu orang, sehingga kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut bertambah menjadi 88 orang," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf,M.Kes melalui konferensi pers di Sahid Bella Hotel Ternate, Jumat.

Olehnya itu, ketiga kasus baru ini terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut ini disebut sebagai kasus pasien 86 dari Tidore Kepulauan, pasien 87 berinisial AR dari Tanah Tinggi Kota Ternate dan seorang perempuan dari Jati Kota Ternate (32 tahun).

Baca juga: Polda Malut siapkan dua peleton Tim Pemulasaraan Jenazah COVID-19
Baca juga: Bayi 1,9 tahun dan orang tuanya positif COVID-19


Alwia menyebut, untuk jumlah kasus sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium untuk pengobatan yang sudah diterima, dimana telah dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang dan meninggal empat orang.

Selain itu, untuk pemeriksaan rapid test sampai hari ini dilaksanakan pemeriksaan pada 3.422 orang didapatkan 173 reaktif yaitu 74 Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pengawasan 44 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tujuh orang dan 48 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 3.249 hasil non reaktif.

Gugus Tugas mencatat, untuk OTG berjumlah 540 orang atau terjadi penambahan sebanyak 81 orang secara kumulatif di Kabupaten Halut, Halbar, Haltim, Halsel dan Kota Ternate karena terjadinya tracking terhadap pasien positif COVID-19.

Untuk kasus ODP 127 orang, terjadi penambahan tiga orang di Morotai dan Tidore serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 12 orang, atau bertambah dua orang dari Kota Ternate.

"Saat ini, menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate ada 24 orang, 22 kasus positif COVID-19 termasuk yang konfirmasi Demak, PDP satu orang dan lima orang pelaku perjalanan dari daerah terjangkit serta menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 55 orang dengan rincian 35 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 13 orang, dua orang PDP dan 5 pelaku perjalanan," tambah Alwia.

Baca juga: Pesawat Hercules angkut bantuan alkes dan APD untuk Maluku Utara
Baca juga: OTG istri-anak pasien positif COVID-19 dievakuasi ke RSUD Ternate
Baca juga: Antisipasi COVID-19, puluhan wartawan Maluku Utara jalani "rapid test"

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Malut bersama komunitas jurnalis TV sosialisasi 3M

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar