sejumlah perusahaan media mengalami kesulitan akibat pandemi
Jakarta (ANTARA) - Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) bekerja sama dengan Komunitas Pewarta Hiburan Indonesia (KOPHI) memberi bantuan kepada sejumlah jurnalis yang terkena dampak pandemi COVID-19.

Ketua FESMI, Candra Darusman, mengatakan jurnalis merupakan bagian penting dari ekosistem musik yang harus mendapat perhatian pada saat ini.

"Pemberian ini sebuah ikhtiar dari kami untuk sama-sama membantu sebagian teman jurnalis yang terkena dampak pandemi COVID-19," kata Chandra dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu

Dia menambahkan donasi yang diberikan berasal dari berbagai sumber antara lain Komunitas Biduan, Konser Musik #dirumahaja Najwa Shihab Cs dan Kitabisa.com.

Baca juga: ITDC berikan masker dan 'hand sanitizer' untuk jurnalis
Baca juga: Puluhan wartawan peliput COVID-19 di Pekanbaru lakukan rapid test


Untuk tahap awal, pihaknya mengucurkan dana senilai Rp15 juta yang diperuntukkan untuk 30 jurnalis terkena dampak pandemi COVID-19.

Anggota FESMI, Kadri Mohammad, mengatakan pihaknya mengapresiasi KOPHI yang telah bersedia memfasilitasi proses bantuan tersebut. Kadri menyadari pada masa krisis seperti sekarang, hampir semua sektor terkena dampak.

Humas KOPHI, Ginting Bagaskara, mengatakan pada saat pandemi COVID-19 cukup banyak perusahaan media yang kesulitan membayar gaji para jurnalis.

Akibatnya banyak para jurnalis yang mengalami kesulitan ekonomi pada saat ini. Selain itu, ada juga jurnalis yang saat ini terbaring sakit dan kesulitan bekerja.

"Sejumlah perusahaan media mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19. Penyebabnya macam-macam, ada yang kesulitan karena lambatnya pembayaran iklan dari pihak pengiklan hingga kurangnya pemasukan iklan pada saat situasi krisis seperti saat ini," kata Ginting.

Baca juga: Menkominfo apresiasi kerja jurnalis saat pandemi
Baca juga: Jurnalis Perempuan di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020