Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach membekap tuan rumah Eintracht Frankfurt 3-1 demi naik ke tiga besar klasemen Bundesliga Jerman.

Dalam laga pekan ke-26 yang digelar tanpa penonton di Stadion Commerzbank-Arena, Frankfurt, pada Minggu dini hari WIB tersebut, Gladbach tampil efisien kendati hanya memiliki 47 persen penguasaan bola sepanjang pertandingan.

Bahkan dua peluang pertama mereka berhasil dikonversi menjadi gol oleh Alassane Plea dan Marcus Thuram sebelum Ramy Bensebaini menyusul dengan eksekusi penalti pada babak kedua, sedangkan Frankfurt hanya memperoleh gol hiburan melalui Andre Silva.

Hasil tersebut membuat Gladbach kini mengumpulkan 52 poin dan naik ke urutan ketiga klasemen, sedangkan Frankfurt (28) melorot ke posisi ke-13, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Pertandingan belum genap berjalan semenit ketika Gladbach melancarkan sebuah serangan balasan dan Plea menerima umpan jauh dari rekannya. Plea melakukan umpan satu dua sentuhan dengan Jonas Hoffmann sebelum menyelesaikannya dengan sepakan ke area tiang jauh untuk membuka keunggulan tim tamu.

Dua bulan tak merumput agaknya mempengaruhi kebugaran bertanding para pemain Frankfurt yang lagi-lagi lengah ketika Bensebaini menyisir dari sektor kiri dan mengirim umpan tarik yang mudah saja diselesaikan Thuram untuk menggandakan keunggulan Gladbach pada menit ketujuh.

Filip Kostic sempat hampir membalas untuk Frankfurt lewat eksekusi tendangan bebasnya yang tajam, tetapi kiper Yann Sommer sigap melakukan aksi penyelamatan gemilang pada menit ke-23.

Pada pengujung babak pertama Plea berpeluang mencetak gol keduanya, tetapi kali ini incarannya ke tiang dekat bisa dimentahkan oleh kiper Kevin Trapp, membuat skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: CEO Dortmund klaim Bundesliga akan kolaps bila tidak dilanjutkan

Gladbach terus tampil efisien membangun serangan mereka, hingga pada menit ke-72 Evan N'Dicka terpaksa menjatuhkan Breel Embolo di dalam area terlarang dan wasit Felix Zwayer segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Bensebaini yang menjadi algojo untuk memperbesar keunggulan Gladbach menjadi 3-0.

Frankfurt sempat membalas dan meniupkan kembali harapan saat Silva dibiarkan bebas oleh Nico Elvedi untuk mencetak gol ke gawang tim tamu, tetapi waktu terlalu pendek bagi tuan rumah untuk menambah gol dan mereka harus puas menutup pertandingan dengan kekalahan 1-3.

Kedua tim sama-sama menggunakan lima pergantian pemain, aturan anyar yang diberlakukan Bundesliga selama kelanjutan kompetisi musim 2019/20 di tengah pandemi COVID-19.

Susunan pemain:

Eintracht Frankfurt (4-5-1): Kevin Trapp; Almamy Toure, David Abraham (Makoto Hasebe), Martin Hintergger, Obite N'Dicka (Dominik Kohr); Daichi Kamada (Mijat Gacinovic), Djibril Sow (Andre Silva), Stefan Ilsanker (Timothy Chandler), Sebastian Rode, Filip Kostic; Bas Dost
Pelatih: Adi Huetter

Borussia Moenchengladbach (4-2-3-1): Yann Sommer; Stefan Lainer, Matthias Ginter, Nico Elvedi, Ramy Bensebaini (Oscar Wendt); Tobias Strobl, Florian Neuhaus (Laszlo Benes); Marcus Thuram (Patrick Herrmann), Jonas Hoffmann, Alassane Plea (Tony Jantschke); Breel Embolo (Lars Stindl)
Pelatih: Marco Rose

Baca juga: Dua anggota skuat Gladbach dilaporkan positif COVID-19

Baca juga: Kompetisi terganggu COVID-19, skuat Gladbach sukarela potong gaji

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020