Jakarta (ANTARA) - Bermasker di tengah pandemi corona tidak selalu membuat Anda tampak tegang dan tertekan, tapi bisa sebaliknya terlihat bergaya serta menyenangkan.

Perancang busana Nigeria Sefiya Diejomaoh suka mengenakan pakaian yang terang dan berani untuk menyesuaikan kepribadiannya. Dia percaya pandemi global seharusnya tidak menghalangi selera gayanya.

Baca juga: "Designers Give Back", cara desainer dukung tenaga medis saat COVID-19

Baca juga: Warga Kota Kediri membuat masker ramah bagi difabel


Masker yang ia kenakan, yang telah menjadi pakaian wajib saat Nigeria mencoba menghentikan penyebaran virus corona baru, adalah inti dari ensembelnya. Berwarna emas dan dihiasi dengan perhiasan diamante berkilau, itu cocok dengan gaun panjangnya.

"Ketika kamu keluar dengan masker penuh gaya atau dengan aksesori seperti ini, sepertinya kita tidak sedang berperang. Tampaknya lebih menyenangkan," kata Diejomaoh, dikutip dari laporan Reuters, Minggu.

Banyak negara Afrika telah mewajibkan mengenakan masker di tempat umum untuk mencegah penyebaran penyakit pernapasan COVID-19 yang terkadang fatal.

Para pecinta mode di kota-kota terbesar di benua itu menggabungkan gaya dan keamanan dengan mengenakan masker warna-warni, yang dipadukan dengan pakaian mereka.
Masker karya perancang busana Nigeria Sefiya Diejomaoh. (ANTARA/Instagram/Sefiya Diejomaoh)


Dorongan untuk membuat masker penuh gaya telah lepas landas di bagian lain dunia. Di tempat-tempat seperti Lebanon, bisnis telah beralih dari produksi furnitur dan pakaian menjadi masker yang mencolok.

Baca juga: Tanpa menggunakan masker, Trump tinjau pusat distribusi masker

Baca juga: Pakai masker bisa kurangi asupan oksigen, benarkah?


Di Afrika, tren ini membuktikan keuntungan bagi penjahit dan desainer lokal yang membuat masker.

Perancang busana Sophie Zinga, yang berbasis di ibukota Senegal, Dakar, mengatakan dia memutuskan untuk membuat masker dari kapas organik setelah menyadari bahwa beberapa bentuk tindakan pakaian pelindung bisa tetap diperlukan untuk dua tahun ke depan.

 
"Kita harus beradaptasi dan hidup dengan virus ini," katanya.

"Sebagai perancang busana saya pikir kita harus mengintegrasikan setiap pakaian dengan masker mode," tambah Zinga, yang menciptakan platform digital, fashionfightscovid19.com, untuk masker.

Jauh dari Dakar, di pusat komersial Afrika Selatan di Johannesburg, toko aksesoris kulit kelas atas Inga Atelier menciptakan masker.

Di sebuah negara yang telah memberlakukan beberapa tindakan karantina wilayah paling ketat di Afrika dan telah terhuyung-huyung dari dampak ekonomi, direktur kreatif perusahaan mengatakan langkah itu masuk akal.

 

"Bisnis saya sangat terpengaruh sedemikian rupa sehingga ritelnya terkunci," kata Inga Gubeka. "Kami menyadari, ada masker besar yang bisa digunakan setiap hari tanpa harus membuangnya."

Masker perusahaannya menggabungkan kulit dengan kain warna-warni termasuk cetakan Ndebele Afrika Selatan tradisional.

Kembali di Lagos, Nigeria, ketika ia menyesuaikan masker emasnya yang berkilauan sebelum berangkat ke kota berpenduduk 20 juta orang di Afrika sub-Sahara, Diejomaoh mengatakan sepotong kain kecil telah menjadi cara untuk mengekspresikan diri.

Baca juga: Masker dapat menyebabkan hipoksia? Ini faktanya

Baca juga: Amerika Bersatu gelar sosialisasi penggunaan masker melalui kompetisi

Baca juga: Tidak gunakan masker di Qatar didenda hingga Rp800 juta

Penerjemah: Suryanto
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020