Palembang (ANTARA) - Sumsel operasionalkan Pusat Pasien Dalam Pengawasan atau PDP Center di Rumah Sehat wisma atlet Jakabaring Palembang.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Sumsel Akhmad Najib di Palembang, Ahad, mengatakan, PDP Center diperuntukkan bagi pasien yang terkontaminasi COVID-19 dengan gejala ringan ataupun Orang Tanpa Gejala (OTG).

Hal ini diperlukan karena pertambahan jumlah pasien positif terus meningkat sehingga Pemprov Sumsel memberikan ruangan khusus di wisma atlet atau rumah sehat Jakabaring Palembang.

Selain itu dibukanya PDP Center itu untuk mengantisipasi kemampuan rumah sakit dimana pasien terus bertambah termasuk dari kabupaten dan kota.

Baca juga: 56 TKI jalani karantina di Wisma Atlet Jakabaring Palembang

Baca juga: Pertumbuhan ekonomi Sumsel diperkirakan terkoreksi menjadi 3,4 persen


Sehubungan itu Pemerintah Provinsi menyiapkan dua tower (menara) di wisma atlet Jakabaring Palembang untuk ruang perawatan PDP, yakni tower tujuh dan delapan.

Fasilitas di tower ini dibuat sedemikian rupa sesuai standar Rumah Sakit Darurat dengan peralatan yang memadai dan dilengkapi dengan UGD hingga ventilator.

Saat ini sudah ada pasien yang akan masuk dari berbagai Rumah Sakit diantaranya Ogan Ilir, Banyuasin, RS Siti Fatimah, RS Muhammadyah, ujar dia.

Untuk tenaga medis saat ini telah disiapkan tower 5 khusus tenaga medis untuk isolasi diri setelah 2 pekan bertugas menangani pasien.

Jika telah melaksanakan isolasi mandiri baru diperbolehkan pulang ke rumah hingga waktu bertugas kembali ke Rumah Sakit. Tak hanya tenaga medis yang, PDP Center akan dibantu oleh relawan dari berbagai kalangan.

Memang penambahan pasien positif akhir-akhir ini disebabkan karena kesigapan pemerintah dalam melakukan pelacakan (tracing) dan mengumpulkan 2.152 sampel pada 14 Mei yang lalu. Hal tersebut juga sebagai bentuk penanggulangan dalam penyebaran COVID-19.

Dia minta kepada masyarakat Sumsel diharapkan untuk lebih meningkatkan kesadaran dan mematuhi anjuran pemerintah dengan tetap jaga jarak, gunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan bilas dengan air mengalir.

Terapkan pola hidup sehat dalam mengantisipasi paparan virus corona.*

Baca juga: PKK Sumsel serahkan 800 kg ikan untuk dapur umum penanganan COVID-19

Baca juga: Manula positif COVID-19 asal Prabumulih dimakamkan tanpa protokol

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020