"Komisi IV mendorong mitra kerja kementerian agar turun langsung ke lapangan ...
Garut (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI Haerudin mendorong pemerintah untuk fokus memperhatikan ketahanan pangan masyarakat di tengah wabah Viru Corona baru atau COVID-19 dengan mengalokasikan anggaran bantuan pangan dan merealisasikan program penanaman pangan di daerah.

"Komisi IV mendorong mitra kerja kementerian agar turun langsung ke lapangan membagikan, kalau (Kementerian) Kelautan ikan segar, bagikan ikan," kata Haerudin usai membagikan bantuan pangan kepada pengurus Muhammadiyah Kabupaten Garut, Minggu.

Ia menuturkan Komisi IV DPR RI yang di antaranya bermitra kerja dengan Kementerian Pertanian (Kementan) serta  Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) telah memfokuskan anggaran lain ke penanganan wabah COVID-19.

Baca juga: Program refocusing anggaran diharapkan tidak ganggu ketahanan pangan

Anggaran di KKP, kata dia, misalnya akan membeli ikan dari nelayan untuk dibagikan kepada masyarakat sehingga kebutuhan pangan dan gizi masyarakat terbantu di tengah wabah COVID-19.

Demikian pula dengan Kementerian Pertanian, lanjut Haerudin, membantu membeli produk petani yang tidak terjual karena terdampak wabah COVID-19.

Ia mengatakan Komisi IV DPR RI mendukung langkah kementerian-kementerian tersebut yang melakukan fokus anggaran dari rencana pembangunan infrastruktur ke penanganan wabah COVID-19.

"Tadinya yang keberpihakan anggarannya lima persen, sekarang 50 persen di sana (penanganan wabah COVID-19)," kata anggota DPR RI Daerah Pemilihan XI Kabupaten Garut, Kota/Kabupaten Tasikmalaya itu.

Baca juga: Pemerintah diharapkan pantau stok di daerah defisit pangan


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020