Jakarta (ANTARA) - Setelah musim balapan tertunda karena pandemi virus corona, Valentino Rossi akhirnya merasakan podium kali pertamanya musim ini setelah finis peringkat tiga di balap virtual seri keempat MotoGP di Sirkuit Misano, kampung halamannya.

Di kesempatan keduanya mengikuti ajang balap virtual, sang pebalap tim Monster Energy Yamaha itu kini semakin mahir menerjemahkan kemampuannya mengendalikan motor MotoGP lewat stick PlayStation di video game MotoGP 20.

Rossi minim melakukan kesalahan di balapan sepanjang sembilan putaran yang disiarkan langsung lewat kanal media sosial MotoGP, Minggu.

Baca juga: Alex Marquez juarai Grand Prix virtual di Misano, Rossi rasakan podium

Dan pada puncaknya, sang juara dunia sembilan kali itu diuntungkan dengan insiden terjatuhnya Fabio Quartararo, yang akan menggantikannya di tim pabrikan Yamaha tahun depan, di tikungan terakhir jelang finis.

Rossi yang stabil di posisi keempat, langsung memacu motornya ke finis untuk mengamankan podium.

Setelah lomba, Rossi pun merayakan finisnya itu dengan mengangkat salah satu trofi yang ia miliki di rumahnya.

"Aku sangat senang dapat podium ini karena hasil yang penting untuk home GP. Aku berlatih pekan ini dengan merasa lebih baik dengan gim (MotoGP) 2020 dan ini untuk timku serta para fan," kata Rossi.

"Terima kasih, Fabio,".
 
Drama yang dibarengi dengan canda tawa 11 pebalap mewarnai balapan kali itu.

"Saya ingin memberikan podium itu untuk Valentino di Grand Prix kandangnya," canda Quartararo setelah lomba.

Baca juga: Quartararo komentari performa motor Yamaha M1 2020
Baca juga: Morbidelli prioritas tim Petronas Yamaha untuk musim 2021, bukan Rossi


Quartararo untuk ketiga kalinya meraih pole position di balap virtual, namun sang pebalap asal Prancis itu masih terjebak dengan permainan agresif yang tak jarang berujung kesalahan di gim tersebut.

Alex Marquez memenangi grand prix virtual untuk kedua kalinya hari itu setelah mengalahkan sang kakak, Marc lewat manuver di tikungan terakhir.

Bagi Marc, itu juga merupakan podium pertamanya di seri balapn virtual MotoGP.

"Ini podium pertamaku di seri MotoGP virtual, sekarang aku bisa pensiun dari gim ini," kata Marc yang disambut tawa rekan-rekannya.

Balapan virtual hari itu juga untuk kedua kalinya menggunakan versi terbaru video game MotoGP 20.

Seri Grand Prix virtual MotoGP sementara masih akan berlanjut di saat Dorna Sports, selaku pemegang hak komersial MotoGP, berencana memulai musim balapan yang tertunda pada pertengahan Juli nanti.

Sirkuit Misano sendiri telah dibuka dan digunakan latihan oleh sejumlah pebalap MotoGP pekan ini menyusul pelonggaran aturan lockdown Pemerintah Italia setelah dua bulan ditutup.

Baca juga: Balap esports paling ambisius, 24 Hours Le Mans Virtual digelar Juni
Baca juga: Tak ada slot wildcard untuk Lorenzo musim ini
Baca juga: Penyelenggara Grand Prix MotoGP Prancis incar slot bulan Oktober

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2020