Keuntungan kuat di sumber daya cukup untuk mengimbangi kerugian bank-bank, ketika lonjakan harga minyak dan emas juga mendorong kenaikan besar untuk sektor energi dan material.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka menguat tajam pada perdagangan Senin pagi, ditopang lonjakan sektor sumber daya serta penambang emas yang juga menguat.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 66,80 poin atau 1,24 persen menjadi 5.471,60 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 71,50 poin atau 1,30 persen pada 5.564,30 poin.

Keuntungan kuat di sumber daya cukup untuk mengimbangi kerugian bank-bank, ketika lonjakan harga minyak dan emas juga mendorong kenaikan besar untuk sektor energi dan material.

Baca juga: Sektor material angkat pasar saham Australia berakhir lebih tinggi

"Emas diperdagangkan di atas 1.750 dolar AS per ounce pagi ini sebagai tanda bahwa sentimen investasi secara keseluruhan rapuh. Dukungan untuk safe haven memberikan perbedaan tajam dengan ekuitas," kata kepala strategi pasar CMC Markets Michael McCarthy.

McCarthy menunjukkan bahwa perbaikan dalam ekuitas tidak sejalan dengan minat investor pada aset safe-haven seperti emas dan obligasi.

"Rapuhnya pasar semakin meluas. Reli global yang sedang berlangsung dalam obligasi tampaknya berfokus pada bukti yang jelas dari kerusakan ekonomi, sedangkan pasar saham mengantisipasi gelombang kedua pandemi ketika langkah-langkah penguncian diperlonggar. Gambaran ini dikacaukan oleh likuiditas besar yang disediakan oleh bank sentral, tetapi kontradiksi lintas kelas aset harus diselesaikan," kata McCarthy.

Secara lokal, sektor teknologi, kebijakan konsumen, dan perawatan kesehatan semuanya meningkat dengan baik sementara sektor keuangan turun dan utilitas berkinerja terburuk.

Baca juga: Saham Tokyo dibuka sedikit menguat di tengah kekhawatiran laba

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia jatuh dengan Commonwealth Bank turun 0,52 persen, Westpac Bank turun 0,59 persen, ANZ turun 0,13 persen dan National Australia Bank turun 0,78 persen.

Saham pertambangan terangkat dengan Rio Tinto naik 2,27 persen, BHP naik 3,19 persen, Fortescue Metals naik 4,06 persen dan penambang emas Newcrest naik 6,12 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak dengan Oil Search naik 5,28 persen, Santos naik 3,04 persen dan Woodside Petroleum naik 2,14 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,20 persen, dan Woolworths turun 0,37 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,16 persen, perusahaan penerbangan nasional Qantas meningkat 1,19 persen dan perusahaan biomedis CSL bertambah 2,12 persen.

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020