Bamsoet apresiasi partisipasi masyarakat dalam konser amal virtual

Bamsoet apresiasi partisipasi masyarakat dalam konser amal virtual

Konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" pada Minggu (17/5) malam. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengaku terharu dan mengapresiasi atas partisipasi masyarakat menyisihkan rezekinya membantu para seniman, pekerja seni dan kelompok masyarakat lain yang terdampak pandemi COVID-19 melalui konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" pada Minggu (17/5) malam.

Menurut dia, dalam konser tersebut, total donasi yang berhasil dihimpun dalam waktu 2 jam mencapai lebih dari Rp4 miliar.

"Dimulai Pukul 19.30 hingga 21.30 WIB, total donasi yang terkumpul mencapai Rp4.003.357.815. Bukan sekadar jumlah donasi, melainkan tingginya partisipasi masyarakat bergotong royong inilah yang patut dibanggakan," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tidak ada sepeserpun uang negara yang terpakai dalam penyelenggaraan konser tersebut karena sepenuhnya berasal dari gotong royong para seniman dan dukungan pribadi-pribadi berbagai pihak.

Menurut dia, penyelenggaraan konser dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan, hanya Bimbo dan pembawa acara yang tampil langsung dari studio TVRI.

"Sedangkan penyanyi lainnya seperti Judika, Rosa, Lyodra, dan Via Vallen, serta sejumlah pejabat negara tampil secara virtual dari rumah masing-masing," ujarnya.

Baca juga: MPR gelar konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo lawan Corona"

Mantan Ketua DPR RI itu menjelaskan, selain mendengarkan alunan lagu merdu dari Bimbo serta para penyanyi lainnya, masyarakat saat acara berlangsung memberikan donasi melalui berbagai saluran yang sudah disediakan.

Antara lain website https://kitabisacom/campaign/bersatuberbagikasih, benihbaikcom, maupun direct phone yang akan diterima langsung para artis seperti Iis Dahlia, Cita Citata, Diah Permatasari, dan Wanda Hamidah.

"Sudah menjadi tugas dan kewajiban MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan untuk turut menggelorakan semangat gotong royong yang merupakan kekayaan bangsa. Hal itulah yang mendasari penyelenggaraan konser amal virtual ini," katanya.

Dia mengatakan, seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan ke para seniman dan pekerja seni, petani, peternak, nelayan dan saudara-saudara lain yang membutuhkan melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya.

Dia menyampaikan ada hal yang menyentuh dalam konser tersebut yaitu seorang anak berusia lima tahun, Wirza, Ikhas memecahkan celengannya untuk memberikan donasi sekitar Rp300 ribu.

"Bukan jumlahnya, melainkan semangat sang anaklah yang sangat bernilai. Menjadi penanda bahwa generasi muda bangsa tak luput dari nilai gotong royong. Jika seluruh elemen masyarakat mempunyai semangat yang sama, pandemi COVID-19 akan cepat sirna dari Indonesia, yakin dan percayalah, Berbagi itu indah," katanya.

Baca juga: Bimbo mengaku gemetar tampil di hadapan penonton

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengapresiasi konser amal virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo". Presiden mengapresiasi semua pihak yang telah berinisiatif untuk bahu-membahu, saling membantu, dan menunjukkan rasa solidaritas seperti yang ditampilkan dalam konser Solidaritas Bersama Jaga Indonesia.

"Semoga acara ini bisa menginspirasi banyak orang dan mempererat rasa persatuan kita," kata Presiden.

Konser amal tersebut diinisiasi MPR RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 BNPB, Indika Foundation, dan GSI Lab.

Serta didukung Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), KitaBisa, BenihBaik, Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), dan Yayasan Generasi Lintas Budaya.

Baca juga: MPR: motor listrik bertanda tangan Presiden dilelang di konser virtual

Baca juga: Ketua MPR ajak masyarakat saksikan konser virtual berbagi kasih

Baca juga: Bamsoet: Konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" 17 Mei

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Wakil Ketua MPR RI ajak saling peduli di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar