Dalam kondisi seperti ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendorong pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bersama raksasa teknologi, Google, melalui penyediaan fitur-fitur yang menunjang operasional sektor usaha tersebut.

Pada Jumat (15/5/2020), Jerry melakukan pertemuan secara virtual dengan Google Indonesia.

Melalui pertemuan itu, Google Indonesia juga memberikan asistensi kepada Pemerintah Indonesia khususnya kepada Gugus Tugas COVID-19 dalam penanganan corona di Indonesia.

Menurut Jerry, bantuan itu sangat berarti dalam meringankan beban pemerintah melawan virus corona.

“Dalam kondisi seperti ini peran teknologi informasi menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas pemerintahan, bisnis, maupun masyarakat. Wabah COVID-19 ini harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk menuju alih transformasi ekonomi yang lebih digital sesuai dengan amanah Presiden Jokowi,” katanya lewat keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: Teten ajak UMKM inovatif tangkap peluang usaha di tengah pandemi

Untuk itu, lanjut Jerry, dukungan teknologi adalah faktor yang menentukan dan dirinya  berterima kasih atas bantuan Google tersebut.

Ia meminta Google Indonesia membantu pemerintah untuk mempercepat penyebaran dan pemanfaatan teknologi di kawasan timur Indonesia.

Wamendag memandang potensi di Indonesia timur yang besar harus dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan demikian, pembangunan di Indonesia timur bisa berjalan sama cepatnya dengan bagian barat sehingga kesejahteraan masyarakat juga akan lebih baik.

“Indonesia timur harus terus didorong dan juga menjadi prioritas pembangunan agar bisa optimal pengembangan daerahnya. Potensi kawasan itu harus tercermin melalui kesejahteraan warganya. Dengan bantuan Google Indonesia, kita bisa meningkatkan pemanfaatan teknologi sehingga kawasan timur Indonesia bisa bergerak secepat kawasan barat,” terang Jerry.

Menanggapi hal tersebut, Google Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan bantuan, baik untuk penanganan COVID-19, maupun kerja sama yang berkelanjutan.

Selanjutnya, Kementerian Perdagangan dan Google juga akan melakukan pertemuan teknis untuk membahas langkah-langkah tindak lanjutnya.

Baca juga: Erick-Ganjar bahas bangkitkan UMKM dalam kerangka "new normal"
Baca juga: Google Shopping hubungkan UMKM dengan konsumen


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020