UI Gelar Olimpiade Sains Komputer Nasional

UI Gelar Olimpiade Sains Komputer Nasional

Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) menggelar Olimpiade Sains Nasional 2009 pada bidang ilmu komputer dan diikuti 110 siswa tingkat SLTA dari 33 provinsi di Indonesia.

Deputi Direktur Kantor Komunikasi UI, Devie Rahmawati, di Depok Rabu mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung pada 4 hingga 6 Agustus ini dengan mempertandingkan problem solving pemograman komputer.

"Dalam pertandingan peserta akan diminta mengerjakan Problem (Soal) di Komputer masing-masing," katanya.

Menurut dia, hari pertama para peserta akan menghadapi soal-soal berupa Kemampuan Analitik (Teori) dan Pemrograman, yang akan dikerjakan kurang lebih selama 5 jam.

Hari Kedua, para peserta kembali mengerjakan soal seputar pemrograman namun dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dari soal hari pertama. Waktu yang diberikan maksimal lima jam.

Ia mengatakan setiap peserta akan mengumpulkan jawaban secara Online ke Server OSN bidang Komputer.

Jawaban peserta akan dinilai secara otomatis oleh program Automatic Grader setelah sessi pertandingan selesai.

Setiap problem dan solusinya disiapkan oleh tim juri Nasional yang terdiri dari Dosen-Dosen dari FASILKOM UI, Teknik Informatika ITB, Ilmu Komputer IPB, Ilmu Komputer UGM dan Teknik Informatika ITS.

Siswa-siswa terbaik akan memperoleh Medali Emas, Perak dan Perunggu. OSN ini juga merupakan bagian dari seleksi kandidat Wakil Indonesia ke Olimpiade Sains Tingkat Internasional. Untuk bidang Komputer, Olimpiadenya adalah International Olympiad in Informatics (IOI) tahun berikutnya.

Untuk tahun 2010, IOI ke-22 akan diselenggarakan di University of Waterloo, Canada (14-21 Agustus 2010). Sementara tahun 2009 ini, Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) akan mengikuti IOI ke-21 di Plovdiv, Bulgaria pada 8 -15 Agustus 2009.

"Sebagai Tim Leader adalah Ir. Suryana Setiawan, M.Sc (Dosen Fasilkom UI)," katanya.

Fasilkom UI turut menyelenggarakan Open House dan Exhibition pada tanggal 5 - 6 Agustus yang terbuka untuk siswa-siswi SMU se-Jabodetabek beserta Guru pendamping.

Dalam eksibisi tersebut para pengunjung dapat melihat dengan dekat produk-produk penelitian yang telah dihasilkan baik oleh dosen maupun mahasiswa fakultas ilmu komputer UI.

Diantara penelitian yang akan ditampilkan ialah Portal E-School For Indonesia Lego Robot Self Organized Traffic Light System, Music Retrieval Batik Digital Automatic Speech Recognition Games Applications.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Naskah ratusan tahun koleksi Pura Mangkunegaran didigitalisasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar