Tinggi muka air di Bendung Katulampa Bogor siaga III Senin sore

Tinggi muka air di Bendung Katulampa Bogor siaga III Senin sore

Tinggi permukaan air di Bendung Katulampa Kota Bogor (ANTARA/HO/Petugas Jaga Bendung Katulampa)

TMA di Bendung Katulampa mulai naik dari kondisi normal menjadi siaga IV, pada pukul 15:00 yakni 70 cm
Bogor (ANTARA) - Tinggi permukaan air (TMA) di Bendung Katulampa Kota Bogor, Senin sore, mencapai 100 cm atau siaga III pada pukul 16:05 WIB karena hujan turun merata di kawasan itu. 

"TMA di Bendung Katulampa mulai naik dari kondisi normal menjadi siaga IV, pada pukul 15:00 yakni 70 cm, naik lagi menjadi 90:00 cm pada pukul 15:00," kata Petugas Jaga Bendung Katulampa, Aliyudin, ketika dihubungi melalui telepon selulernya, di Kota Bogor, Senin.

Menurut Aliyudin, hanya berselang sekitar 25 menit, TMA di Bendung Katulampa naik lagi menjadi 100 cm atau siaga III pada pukul 16:05 WIB.

"Pada sekitar pukul 15.00 sampai 15:40, hujan turun cukup deras dan mereda baik di Kota Bogor maupun di kawasan Puncak Bogor," katanya.

Setelah itu hujan mereda dan gerimis sampai petang sekitar pukul 18:30 WIB, TMA di Bendung Katulampa, juga secara berangsuur-angsur menurun kembali.

"Pada pukul 17:00 WIB TMA mulai turun lagi menjadi 90 tapi masih siaga III, kemudian pada pukul 19:00 WIB turun lagi menjadi 70 cm atau siaga IV," katanya.

Dia memastikan jika hujan turun secara merata terutama hujan di kawasan Puncak, maka tinggi muka air di Bendung Katulampa, akan cepat naik.

Menurut Aliyudin, tinggi permukaan air di Bendung Katulampa yang meningkat akan mengalir ke arah yang lebih rendah yakni Jakarta dan akan sampai di Jakarta sekitar 10 sampai 12 jam.

Baca juga: Tinggi muka air Bendung Katulampa sempat naik jadi 60 cm
Baca juga: Bendung Katulampa normal



 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Katulampa Siaga IV, banjir Jakarta bukan kiriman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar