Kompetisi Piano Ananda Sukarlan Award ditunda hingga Agustus

Kompetisi Piano Ananda Sukarlan Award ditunda hingga Agustus

Pianis Ananda Sukarlan (Instagram.com/anandasukarlan)

Jakarta (ANTARA) - Kompetisi Piano Nasional "Ananda Sukarlan Award" (ASA) yang rencananya berlangsung pada akhir Juli 2020 ditunda.

Hasil pembicaraan antara para penyelenggara yaitu Departemen Pendidikan & Kebudayaan, Ananda Sukarlan Center dan Institut Français d'Indonésie (IFI) sepakat ASA 2020 akan diadakan pada 27-30 Agustus 2020.

"Proses belajar mengajar memainkan instrumen lewat online terbukti lebih lambat, sehingga banyak pihak, seperti para pianis muda atau pengajar piano yang meminta saya untuk menangguhkan ASA ini," ujar Ananda Sukarlan dalam siaran pers, ditulis Selasa.

Dia berharap aadanya kelonggaran PSBB beberapa waktu mendatang, bisa membuat lebih lancar persiapan mengikuti ASA, walaupun bentuknya 'new normal'.

"Interaksi guru dan murid secara 'live' memang jauh lebih efektif. Ini sebabnya kami tunda penyelenggaraan kompetisi ini, semoga persiapan para peserta akan lebih matang," kata dia.

Di sisi lain, ada sejumlah perubahan dalam kompetisi yakni syarat, ketentuan dan lebih banyak pemenang tanpa ranking, karena tujuan kompetisi ini menyeleksi talenta untuk dikembangkan menjadi aset sumber daya manusia negeri ini di masa depan. Info lengkapnya dapat dilihat di http://bit.ly/ASAward2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan memberikan apresiasi dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini.

Mereka berharap ASA bisa menjadi ajang berprestasi bagi pianis muda, pemetaan perkembangan musik klasik, serta memajukan perkembangan musik di Indonesia.


Baca juga: Ibunda Jokowi meninggal, pianis Ananda Sukarlan persembahkan lagu

Baca juga: Ananda Sukarlan: Indonesia butuh revolusi pendidikan seni

Baca juga: ASC-IFI kerja sama bidang musik klasik

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sekolah baru tumbuhkan asa para ibu muda di Kenya

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar