Jokowi : Aksi solidaritas organisasi Islam bantu penanganan COVID-19

Jokowi : Aksi solidaritas organisasi Islam bantu penanganan COVID-19

Warga mengantre untuk mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) saat penyaluran di Kantor Kelurahan Banyuanyar, Solo, Jawa Tengah, Jumat (15/5/2020). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pras.

Pemerintah juga sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari ormas-ormas islam dan inisiatif yang telah muncul
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan aksi solidaritas dan kepedulian sosial dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam telah sangat membantu upaya penanganan virus corona jenis baru penyebab COVID-19 di Tanah Air.

Presiden dalam rapat terbatas secara telekonferensi mengenai "Persiapan Idul Fitri 1441 H/ 2020 M", di Jakarta, Selasa, mengapresiasi gagasan yang muncul dari organisasi Islam seperti insiatif untuk pemanfaatan zakat, pemanfaatan infak, dan pemanfaatan sedekah untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Pemerintah juga sangat terbantu dengan berbagai aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang muncul dari ormas-ormas islam dan inisiatif yang telah muncul,” kata Presiden.

Jokowi juga mengharapkan aksi solidaritas dari organisasi Islam ini bisa terus berlanjut guna meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19.

“Bisa meluas lebih besar lagi sehingga menjadi gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Presiden juga sangat menghargai langkah organisasi Islam yang telah memberikan anjuran kepada masyarakat untuk mengedepankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Dia mencontohkan dukungan organisasi Islam terhadap pemerintah dengan membantu sosialisasi kebijakan larangan untuk mudik atau pulang kampung.

Kepala Negara juga menghormati Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang telah memberikan fatwa peribadatan di tengah wabah COVID-19.

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada Majelis Ulama Indonesia, kedua pada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, yang ketiga pada PP Muhammadiyah dan semua ormas Islam yang lainnya, yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID-19,” demikian Presiden Jokowi.

Baca juga: Negara anggota OKI diminta bantu negara-negara Muslim rentan COVID-19

Baca juga: Haedar Nashir: Membantu dhuafa melawan COVID-19 "jihad fi sabilillah"

Baca juga: Muhammadiyah dan NU masifkan fasilitas cuci tangan bersama


Baca juga: Lewat Program "Mbangun Desa", siswa di Magelang bagikan ribuan masker

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar