Ini bukan hanya kinerja harian terbaik untuk pasar kami dalam beberapa minggu
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir menguat pada perdagangan Selasa, memperpanjang keuntungan selama tiga hari berturut-turut didorong oleh lonjakan saham sektor energi.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 99 poin atau 1,81 persen menjadi 5.559,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 101,30 poin atau 1,82 persen pada 5.658,80 poin.

"Ini bukan hanya kinerja harian terbaik untuk pasar kami dalam beberapa minggu, indeks mendekati level tertinggi 10 minggu dan berada pada kenaikan beruntun tiga hari (sesuatu yang belum terjadi dalam dua bulan). Ini menyoroti kinerja berombak untuk saham lokal dalam beberapa pekan terakhir," kata analis pasar Commsec, Steven Daghlian.

Keuntungan ekuitas lokal mengikuti pasar luar negeri yang juga melonjak karena hasil uji awal yang menjanjikan dari vaksin COVID-19 Amerika Serikat.

Semalam, Dow Jones melonjak lebih dari empat persen sementara perusahaan yang bertanggung jawab atas pengujioan vaksin Moderna, melonjak sebesar 20 persen.

Sebaliknya, sektor kesehatan Australia berakhir lebih rendah dengan raksasa biomedis CSL, turun 1,11 persen dan produsen perangkat medis Cochlear turun 3,00 persen menyusul berita tentang penawaran naik banding yang gagal di pengadilan AS.

Perusahaan telah diperintahkan untuk membayar 280 juta dolar AS karena pelanggaran paten AS.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia reli dengan Commonwealth Bank naik 1,27 persen, Westpac Bank naik 2,15 persen, ANZ naik 2,05 persen dan National Australia Bank naik 2,11 persen.

Saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Rio Tinto naik 4,67 persen, BHP naik 5,89 persen dan Fortescue Metals naik 4,44 persen, namun penambang emas Newcrest turun 0,81 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melonjak dengan Oil Search naik 7,33 persen, Santos naik 4,72 persen dan Woodside Petroleum naik 4,15 persen.

Supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles naik 0,40 persen dan Woolworths turun 0,74 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,32 persen, maskapai nasional Qantas melonjak 3,55 persen dan perusahaan biomedis CSL turun 1,11 persen.

Baca juga: Saham Australia dibuka lebih tinggi ikuti kenaikan kuat bursa dunia
Baca juga: Sektor sumber daya angkat pasar saham Australia berakhir lebih tinggi

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020