Zurich Indonesia sumbang Rp2,3 miliar sediakan akomodasi tenaga medis

Zurich Indonesia sumbang Rp2,3 miliar sediakan akomodasi tenaga medis

Corona Virus (ilustrasi) (1)

Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya melawan virus COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan asuransi Zurich Indonesia melalui Z Zurich Foundation, menyumbangkan 153.119 dolar AS (setara Rp2,3 miliar) kepada Habitat for Humanity Indonesia untuk penyediaan akomodasi serta transportasi dari dan ke rumah sakit bagi tenaga medis yang setiap hari menangani pasien COVID-19.

Donasi ini akan digunakan untuk mendanai fasilitas akomodasi kamar hotel sebanyak 100 kamar selama 60 malam serta transportasi bagi tenaga medis.

"Kami berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam upaya melawan virus COVID-19, dan ingin memberikan apresiasi sebesar-besarnya atas dedikasi dan keberanian para tenaga medis Indonesia yang bekerja tanpa henti di garis depan untuk menangani pasien COVID-19," kata Country Manager Zurich Indonesia Chris Bendl dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Sementara itu, National Director Habitat for Humanity Indonesia Susanto menjelaskan dampak sosial yang dialami oleh tenaga medis saat ini cukup mengkhawatirkan karena mereka tidak mendapatkan istirahat yang layak untuk dapat kembali merawat dan menangani pasien.

"Sebagian dari mereka bahkan ditolak oleh komunitas di tempat tinggal mereka karena berhubungan langsung dengan pasien COVID-19. Hal yang dapat kita lakukan adalah mendukung para pejuang garis depan ini melalui akomodasi yang aman dan nyaman dalam perjuangan mereka melawan COVID-19 untuk kita," katanya.

Kemitraan tersebut menandai kerja sama ketiga Zurich Indonesia dan Habitat Indonesia sejak 2017 silam ketika perusahaan asuransi itu membangun tiga rumah, satu perpustakaan sekolah, dan mengadakan pelatihan literasi keuangan untuk masyarakat desa Tanjung Anom di kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Pada 2018, Zurich Indonesia melanjutkan kolaborasi ini dan menandatangani perjanjian untuk membangun program Kampung Zurich Bersahaja selama dua tahun berikutnya, dengan investasi senilai Rp3 miliar.

Hingga saat ini, Zurich telah membangun 18 rumah baru dan 32 fasilitas sanitasi serta mengadakan pelatihan pengembangan komunitas bagi masyarakat desa.

Di tengah tantangan pandemi COVID-19 di Indonesia, Zurich Indonesia dan Asuransi Adira, yang beberapa waktu lalu diakuisisi, berencana untuk membangun 17 rumah dan 10 fasilitas sanitasi tambahan hingga akhir tahun 2020.

Baca juga: Survei tunjukkan donasi pada lembaga sosial turun akibat COVID-19
Baca juga: KSP salurkan donasi 5.000 APD bantu tangani COVID-19

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar