Pemkot Probolinggo tes cepat COVID-19 pengunjung pertokoan

Pemkot Probolinggo tes cepat COVID-19 pengunjung pertokoan

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memantau rapid test yang dilakukan terhadap pengunjung pertokoan di Kota Probolinggo, Selasa (19/5/2020) (Foto ANTARA/ HO - Humas Pemkot Probolinggo)

Tes cepat dilakukan kepada masyarakat karena semua orang dapat terpapar COVID-19
Kota Probolinggo (ANTARA) - Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Kesehatan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (P2KB) menggelar tes cepat COVID-19 kepada pengunjung di dua pertokoan di Jalan Dr Sutomo, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Selasa.

"Tes cepat dilakukan kepada masyarakat karena semua orang dapat terpapar COVID-19," kata Plt Kepala Dinkes P2KB Kota Probolinggo dr NH Hidayati di Kota Probolinggo.

Baca juga: Probolinggo izinkan masjid gelar shalat Id dengan syarat

Menurutnya, petugas memeriksa sebanyak 25 orang dan 50 orang di dua pertokoan itu dan hasil pemeriksaan sampling di dua pertokoan semuanya non-reaktif.

Sementara seorang pengunjung yang menjalani tes cepat, Avina mengaku tidak keberatan mengikuti tes itu untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Probolinggo.

Baca juga: 11 pasien positif COVID-19 di Probolinggo sembuh

"Saya ke sini mau beli baju buat Lebaran dan sebenarnya masyarakat diimbau tidak keluar. Semoga saja hasilnya tidak reaktif dan kalau reaktif saya akan mengikuti anjuran pemerintah," katanya.

Setelah diperiksa tekanan darah, para pengunjung yang diperiksa diambil sampel darahnya untuk kemudian di-tes apakah menunjukkan reaktif atau nonreaktif dalam tes cepat COVID-19 itu.

Baca juga: Usai meninggal, satu warga Probolinggo-Jatim terkonfirmasi positif

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin sempat menyaksikan pengambilan sampel darah pengunjung dan karyawan di salah satu pertokoan di Kota Probolinggo tersebut.

"Tes cepat itu merupakan pencegahan dan pendeteksian untuk mengetahui seberapa luas penyebaran COVID 19 dan kami menyediakan 150 tes cepat. Jika ada yang reaktif, maka kami akan mengambil langkah cepat," kata Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

Baca juga: Lima lagi warga Kabupaten Probolinggo positif COVID-19

Selain melakukan tes cepat terhadap pengunjung di dua pertokoan, P2KB Kota Probolinggo juga melakukan tes cepat kepada para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Sebanyak 49 tes cepat yang dilakukan kepada pejabat dan Forkopimda di Kota Probolinggo dan hasilnya non-reaktif.

Baca juga: Probolinggo operasikan TCM untuk periksa sampel swab pasien COVID-19

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar