Sepak Bola Dunia

Bayern, Real, dan Inter akan selenggarakan turnamen untuk galang dana

Bayern, Real, dan Inter akan selenggarakan turnamen untuk galang dana

Bek Bayern Munchen Joshua Kimmich (kanan) berusaha melewati pemain Real Madrid Eden Hazard (kiri) dalam pertandingan International Champions Cup 2019 di NRG Stadium. (USA TODAY Sports/Kevin Jairaj)

Dana yang didapat dari ketiga pertandingan akan didonasikan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan di Italia dan Spanyol
Jakarta (ANTARA) - Tiga klub raksasa yakni Bayern Munich, Real Madrid, dan Inter Milan mengumumkan bahwa mereka akan menyelenggarakan turnamen mini dengan nama "Piala Solidaritas Eropa - sepak bola untuk para pahlawan," untuk menggalang dana.

Dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan di Italia dan Spanyol yang telah bekerja keras selama pandemi COVID-19.

Dalam pernyataan terpisah, ketiga klub itu mengumumkan bahwa pertandingan-pertandingan tersebut akan berlangsung di stadion masing-masing.

"Dana yang didapat dari ketiga pertandingan akan didonasikan kepada fasilitas-fasilitas kesehatan di Italia dan Spanyol," demikian pernyataan Bayern di laman resminya.

"FC Bayern melihat kontribusi ini sebagai simbol dukungan untuk Eropa yang bersatu, di mana setiap orang bertanggung jawab untuk membantu yang sesamanya."
 
Ketua Bayern Karl-Heinz Rummenigge menambahi, "Meski terdapat penderitaan dan semua masalah, kami yang berada di Jerman mungkin lebih beruntung karena sistem pemeliharaan kesehatan kami terbukti tahan banting pada krisis ini."

Baca juga: Klub-klub Jerman mulai latihan di tengah pembatasan ketat karena virus

"Namun kami juga telah melihat gambaran-gambaran mengerikan dari Italia dan Spanyol, kedua negara itu merupakan negara-negara Eropa yang paling terpukul karena pandemi."

Italia merupakan negara dengan jumlah kasus infeksi virus corona terbanyak peringkat kedua di Eropa, dengan catatan lebih dari 32.000 korban jiwa.

Baca juga: PM Italia minta jaminan lebih sebelum Serie A dimulai lagi

Spanyol berada di peringkat ketiga dalam daftar itu, dengan lebih dari 27.000 orang meninggal dunia akibat virus tersebut.

Jerman sebagai negara dengan penduduk paling padat di Eropa barat hanya mencatatkan 8.007 korban jiwa.

Sabtu silam Liga Jerman menjadi satu-satunya liga sepak bola papan atas di Eropa yang meneruskan kompetisi setelah COVID-19 menghantam dunia olahraga pada Maret.

Baca juga: Normal baru Bundesliga di bawah tatapan satu miliar pemirsa

Bayern akan menjamu Real di Allianz Arena, Real akan bermain melawan Inter di Santiago Bernabeu, sedangkan Inter akan menjamu Bayern di San Siro.

Ketiga klub menambahi bahwa para petugas kesehatan profesional yang telah berjuang melawan COVID-19 akan diundang ke pertandingan-pertandingan tersebut, yang akan berlangsung saat situasinya telah aman bagi para penggemar untuk datang ke stadion tanpa risiko terpapar virus.

Baca juga: Ketika sepak bola kembali, artinya mimpi buruk berakhir

Baca juga: Presiden FIFA: kesehatan pemain lebih penting dibandingkan sepak bola

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Membentuk generasi pemain bola yang sportif sejak usia dini

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar