BUMN Hadir

Tiga provinsi di Kalimantan dapat bantuan APD kesehatan dari PTPN XIII

Tiga provinsi di Kalimantan dapat bantuan APD kesehatan dari PTPN XIII

Direktur Utama PTPN XIII Alexander Maha (tengah) saat menyerahkan bantuan APD kesehatan di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (20/5/2020). (FOTO ANTARA/Dedi)

Sebelumnya kami juga telah memberikan bantuan yang beragam, baik yang tergabung dengan Satgas Bencana Nasional BUMN maupun mandiri. Bantuan bukan hanya APD saja, namun juga sembako serta uang tunai
Pontianak (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XIII kembali menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) penanganan wabah COVID-19 kepada fasilitas kesehatan yang ada di tiga provinsi di Kalimantan, yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

"Total bantuan yang diberikan senilai Rp136 juta itu bersumber dari PTPN XIII dan dana pensiunan perkebunan ini sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi dalam penanganan wabah COVID-19 yang sudah mendunia," kata Direktur Utama PTPN XIII Alexander Maha saat menyerahkan bantuan ke sejumlah penerima di Pontianak, Rabu.

Ia menyebutkan bahwa dengan bantuan yang ada diharapkan bisa memenuhi kebutuhan rumah sakit atau klinik sehingga dapat melayani pasien atau masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Dalam memberikan bantuan tentu kami tidak hanya berhenti di sini. Sebelumnya kami juga telah memberikan bantuan yang beragam, baik yang tergabung dengan Satgas Bencana Nasional BUMN maupun mandiri. Bantuan bukan hanya APD saja, namun juga sembako serta uang tunai," kata Alexander Maha.

Sementara itu, Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PTPN XIII Ahmad Ridwan menyebutkan adapun fasilitas kesehatan yang mendapat bantuan dari PTPN XIII yakni Rumah Sakit (RS) Parindu Sanggau di Kalbar, RS Danau Salak, Kalsel dan Poliklinik Tabara di Kabupaten Paser, Kaltim.

"Bantuan APD lengkap seperti masker bedah, masker spoundbound, baju hazmat, handscoon steril, masker N95, agoogleglass, face shield, dan penyanitasi tangan (hand sanitizer). APD tersebut mulai kita salurkan," katanya.

Satu di antara penerima bantuan yakni Kepala Perawat RS Parindu Diana Parhusip mengaku bersyukur dan berterima kasih atas bantuan APD dari PTPN XIII.

Bantuan yang ada, menurut dia, tentu selain memenuhi kebutuhan juga untuk cadangan APD yang perlu dipersiapkan.

"Mewakili jajaran RS Perindu kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PTPN XIII. Kita tidak tahu wabah COVID-19 ini berakhir dan dengan bantuan ini kita jadi siap stok APD. Kita berdoa dan terus mendukung PTPN XIII terus maju," katanya.

Khusus di Kalbar sudah tujuh bantuan, termasuk di RS Perindo yang diberikan oleh PTPN XIII , yakni pertama: Satgas BUMN Wil Kalbar senilai Rp25.000.000 untuk pembelian APD, PIC BUMN Wilayah Kalbar PT. Antam (Persero), kedua:. bantuan paket  sembako untuk empat kabupaten/kota sebanyak 1.000 paket senilai Rp100.000.000, masing-masing 250 paket, yakni untuk Kota Pontianak, Kabupaten Sanggau, Landak dan Sintang.

Ketiga, bantuan paket sembako untuk Persatuan Orang Melayu (POM) Kota Potianak sebanyak 50 paket. Keempat, bantuan APD ke RS Parindu Rp87.047.500, kelima, bantuan APD ke Poliklinik Gunung Meliau, Sanggau Rp3.697.000, keenam, bantuan APD ke Poliklinik Sungai Dekan, Sanggau sebesar 2.822.000, dan ketujuh bantuan ke Pemprov Kalbar uang tunai Rp100.000.000 dan masker bedah, masker spoundbound, hazmat, handscoon steril, masker N95, agoogleglass, face shield, handsanitizer.

Baca juga: Gabungan BUMN di Kalbar serahkan bantuan APD penanganan COVID-19

Baca juga: 1.272 baju hazmat disalurkan ke RS dan puskesmas di Singkawang-Kalbar

Baca juga: Tangani COVID-19, IDI Kotabaru galang bantuan APD tenaga medis

Baca juga: Bantuan APD dan masker Kemenkes ke Kaltim cukup untuk 10 hari

Baca juga: Pupuk Kaltim berikan bantuan APD dan makanan untuk petugas medis

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polda Kalbar gelar kekuatan taktis sarpras

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar