Madrid (ANTARA News) - Kapten sekaligus bek Espanyol Dani Jarque (26) meninggal dunia akibat serangan jantung saat tengah melakukan tur pra-musim Italia, demikian pengumuman klub Liga Utama Spanyol (Liga Primera) itu di laman mereka (www.rcdespanyol.com) pada Sabtu.

Jarque melakukan latihan seperti biasa pada pagi hari, dan kemudian pingsan di kamar hotelnya di Coverciano saat berbicara dengan kekasihnya di telepon pada malam harinya, demikian berita media massa Spanyol.

"Pemain Espanyol itu meninggal dunia akibat serangan jantung `systolic`," demikian pernyataan klub tersebut.

"Dokter Cervera (dokter klub) berusaha melakukan CPR terhadapnya dan menggunakan alat `defibrillator` namun mengatakan tidak mungkin untuk menyadarkannya kembali."

"Dalam waktu beberapa menit, mobil ambulans darurat pertama tiba dari Florence, dan berusaha memberi pertolongan dengan defibrillator mereka tetapi lagi-lagi hal itu tidak dapat membuatnya siuman kembali."

Para petugas medis terus berusaha untuk menyadarkan Jarque selama sejam sebelum mengumumkan bahwa pemain tersebut sudah meninggal dunia, demikian penjelasan klub itu.

"Espanyol saat ini tengah berduka dan ingin melakukan pangaturan dan pengurusan jenazah secara lengkap dan sepenuhnya bagi keluarga kapten kami itu," demikian pernyataan klub.

Direktur klub itu, German de la Cruz, mengatakan di stasiun radio RAC1, "Kejadian ini sungguh belum dapat dijelaskan. Ini sangat mengerikan."

"Kami harus kembali ke Barcelona pada Minggu tetapi kami tidak dapat pulang dengan peti jenazahnya karena mereka harus melakukan otopsi untuk mengkonfirmasi penyebab kematiannya."

"Para pemain yang lain merasa sangat terguncang. Semenit yang lalu ia masih berada di sana bersama mereka, dan di menit berikutnya ia sudah meninggal. Sungguh mengejutkan."

"Ia terkena serangan jantung," kata German de la Cruz menjelaskan di televisi La sexta..

"Ia tengah berbicara dengan kekasihnya ketika ia tiba-tiba merasa kurang enak badan. Ia sempat memberitahu pacarnya itu mengenai kondisinya saat itu dan kemudian berhenti berbicara. Kekasihnya tersebut kemudian menghubungi pihak hotel dan menjelaskan apa yang terjadi namun terlambat untuk melakukan sesuatu," tambahnya.

Klub itu telah dijadualkan melakukan pertandingan persahabatan melaan Bologna dan Livorno dalam beberapa hari mendatang, pada tur pra-musim ini.

Jarque, yang sudah bermain di 36 pertandingan liga dan mencetak dua gol, masuk ke klub itu dari klub junior Espanyol untuk membantu mereka menjadi juara Piala Raja pada 2006 serta mencapai babak final Piala UEFA pada 2007, dan baru saja ditunjuk menjadi kapten klub itu menjelang musim baru ini.

Kematian Jarque terjadi hampir dua tahun setelah pemain tengah Sevilla Antonio Puerta meninggla dunia pada 28 Agustus 2007, tida hari setelah pingsan pada pertandingan Liga Primera melawan Getafe

Juara Eropa Barcelona, yang merupakan pesaing satu-kota Espanyol, memberikan ucapan belasungkawa mereka kepada keluarga Jarque dari pangkalan mereka selama tur ke Amerika di San Francisco.



Kesedihan mendalam

Presiden Barca Joan Laporta mengatakan di laman klub itu, www.fcbarcelona.com, "Kami menyampaikan kesedihan kami yang mendalam atas kejadian tragis ini dan malam ini kami berkabung."

"Atas nama Barcelona, kami ingin menyampaikan rasa simpati kami yang mendalam kepada Espanyol dan keluarganya atas kehilangan yang menyakitkan ini dengan meninggalnya kapten mereka, Dani Jarque,."

Suatu acara mengheningkan cipta selama semenit diadakan saat dimulainya babak kedua pada pertandingan persahabatan pra-musim di Stadion Mestella saat Valencia berhadapan dengan klub Inggris Arsenal.

Para pemain kedua tim itu mengenakan ban lengan berwarna hitam tanda berkabung.

Real Madrid dan juga federasi sepak bola Spanyol mengucapkan belasungkawa mereka yang mendalam kepada keluarga Jarque. (*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009