Pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah tiga orang

Pasien sembuh COVID-19 di Lampung bertambah tiga orang

Tabel data situasi COVID-19 di Provinsi Lampung, Rabu. (20/5/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menyebutkan bahwa ada tiga tambahan pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh, sehingga total pasien sembuh di wilayah itu menjadi 29.

"Pasien sembuh tersebut, masing-masing berasal dari Kota Bandarlampung, Kabupaten Tulangbawang Barat dan Pesawaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Rabu.

Baca juga: Pemprov Lampung fasilitasi pelaksanaan rapid tes massal bagi kabupaten

Baca juga: Pemprov Lampung lakukan uji fungsi PCR percepat penanganan COVID-19


Sebelumnya, pada Selasa (19/5) di Kota Bandarlampung pasien sembuh berjumlah 14 orang sekarang menjadi 15, kemudian di Kabupaten Tulangbawang pasien sembuh yang tadinya tiga menjadi empat orang dan Pesawaran yang sebelumnya satu menjadi dua sembuh.

Selain penambahan pasien sembuh, ia juga mengungkapkan ada satu kasus tambahan konfirmasi positif COVID-19, sehingga total orang yang terinfeksi virus Corona di Lampung menjadi 85, dengan rincian 50 orang masih dalam perawatan atau isolasi, 29 lainnya dinyatakan sembuh dan meninggal dunia enam orang.

Kadiskes menjelaskan bahwa satu orang tambahan positif COVID-19 ini merupakan seorang laki-laki yang berasal dari Kota Bandarlampung dan tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien sebelumnya.

"Beliau bekerja sebagai sopir bahan bakar minyak (BBM) yang setiap harinya memiliki trayek, Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah, Mesuji dan Kota Metro," kata dia.

Baca juga: Pemprov Lampung perketat pintu masuk, antisipasi arus pemudik

Baca juga: Suka duka Sri Aryanti jadi garda terdepan tangani pasien COVID-19


Senin (11/5), lanjut dia, yang bersangkutan datang ke dokter swasta di Bandarlampung dan berobat jalan, kemudian satu hari setelahnya laki-laki ini berobat di rumah sakit swasta di kota setempat dengan diagnosis tifus.

Dia melanjutkan pada Rabu (13/5) pasien mengalami sesak napas, dan batuk sehingga harus menjalani rawat inap, dan sempat mengalami penurunan kondisi, sehingga pada Sabtu (16/5) dilakukan pengambilan swab.

"Selasa (19/5) hasil konfirmasi swabnya dinyatakan positif COVID-19 dan saat ini pasien sedang diisolasi di salah satu rumah sakit Provinsi Lampung," jelasnya.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Bandara Ahmad Yani perpanjang pembatasan perjalanan penerbangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar